Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pil Berisi Kotoran Dapat Sembuhkan Penyakit Hati? Ini Kata Peneliti 

×

Pil Berisi Kotoran Dapat Sembuhkan Penyakit Hati? Ini Kata Peneliti 

Sebarkan artikel ini

SEBUAH pil berisi kotoran yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan usus dan mencegah infeksi serius diberikan kepada ratusan warga Inggris sebagai bagian dari uji coba penyakit hati.

Para peneliti mengumumkan hasil studi awal yang lebih kecil dari 32 orang yang telah menjalani transplantasi mikrobiota feses pada sebuah konferensi di Wina.

Para pasien dengan sirosis hati tingkat lanjut mendapatkan ‘transplantasi kotoran’ yang dikirim ke perut mereka melalui selang di hidung mereka.

Setelah tiga bulan, kadar bakteri baik dalam usus meningkat dan penghalang usus diperkuat. Para peneliti juga mengatakan para sukarelawan memiliki lebih sedikit racun amonia yang mematikan dalam darah mereka.

Sekarang tim yang sama di King’s College London telah mengembangkan ‘crapsule’ – tablet yang berisi feses beku-kering yang disumbangkan dari sukarelawan sehat agar lebih mudah dikonsumsi.

Mereka memulai studi lima tahun baru yang lebih besar, yang disebut PROMISE, untuk melihat apakah mengonsumsi tablet setiap tiga bulan selama dua tahun dapat mengurangi rawat inap.

Kepala penyelidik Profesor Debbie Shawcross mengatakan pasien dengan sirosis lanjut rentan terhadap infeksi jahat yang disebabkan oleh ‘bakteri jahat’ yang menempatkan mereka dalam perawatan intensif.

Tapi ini digantikan oleh bakteri ‘baik’ dari para donor dalam penelitian lama, yang disebut PROFIT.

“Kami ingin melihat jika kami mengubah mikrobioma usus sekelompok kecil orang dengan penyakit hati, dapatkah kami meningkatkan hasil, terutama kerentanan mereka terhadap infeksi?” katanya seperti dilansir di dailymail.com, Kamis (22/6/2023).

Studi kelayakan awal dilakukan sebagian untuk melihat apakah pengobatan itu dapat diterima oleh pasien.

Ilmuwan, yang merupakan profesor hepatologi dan gagal hati kronis di King’s College London, menambahkan Anda dapat membayangkan mungkin ada beberapa hal yang berpotensi mengerikan yang mungkin ada dalam pikiran orang-orang.

“Tapi semua orang sangat setuju dengan itu, dan umumnya membuat orang merasa jauh lebih baik. Kami menunjukkan bahwa itu aman dan layak untuk dilakukan dan bahwa sebenarnya, dengan mengubah mikrobioma usus pada pasien dengan penyakit hati, kami berpotensi mengubah pandangan dan hasil bagi pasien ini.”

Dalam banyak kasus, satu-satunya pengobatan untuk pasien sirosis adalah transplantasi hati.

Profesor Shawcross menambahkan ‘The “crapsules”, yang tidak memiliki rasa atau bau seperti namanya, mungkin menawarkan harapan baru bagi pasien sirosis yang tidak memiliki pilihan pengobatan.

Penelitian baru terungkap pada Kongres Asosiasi Eropa untuk Studi Hati (EASL) 2023 yang berlangsung di Wina.

Profesor Shawcross mengatakan 16 pusat di Inggris, Skotlandia dan Wales, termasuk Newcastle, Liverpool, Leeds, Bristol, Plymouth dan Portsmouth, saat ini merekrut pasien dengan sirosis hati untuk penelitian.

The poo therapy – known scientifically as a Faecal Microbiota Transplant – will also be studied to see if it has an effect on diabetes and obesity.

Transplantasi FMT saat ini digunakan di NHS untuk perawatan infeksi rumah sakit C.difficile yang menyebabkan diare parah, tetapi sedang diselidiki dalam sejumlah kondisi termasuk artritis, kanker kulit, dan diabetes.

Rekan peneliti Profesor Lindsey Ann Edwards mengatakan hal itu membawa harapan baru bagi pasien dengan sirosis lanjut, menawarkan terobosan potensial dalam pengobatan dan kelangsungan hidup mereka.

Kedua wanita tersebut sedang mengerjakan uji coba baru, yang didanai oleh National Institute of Health Research UK (NIHR), dengan badan amal British Liver Trust.

Sirosis – jaringan parut permanen pada hati, sering disebabkan oleh alkohol – adalah penyebab kematian terbesar ketiga dan kehilangan masa kerja di Inggris.

Pamela Healy, kepala eksekutif dari British Liver Trust, mengatakan, “Kami sangat senang mendukung penelitian inovatif ini yang dapat menjadi pengobatan yang mengubah hidup pasien.”

“Tidak hanya infeksi yang tidak dapat diobati menjadi serius, tetapi mereka juga dapat memicu komplikasi serius lebih lanjut.”

“Para peneliti telah bekerja dengan Trust untuk memastikan bahwa pasien telah secara aktif terlibat dalam semua tahapan penelitian dari awal konsepsi hingga desain dan pengiriman.”

Dia mengatakan uji coba PROMISE adalah ‘upaya kritis’ yang akan menjelaskan lebih jauh manfaat pengobatan ini untuk orang dengan sirosis yang mengembangkan infeksi yang resistan terhadap obat.

Penelitian baru memiliki implikasi yang lebih luas untuk berpotensi mengatasi resistensi antimikroba, tambahnya.

“Menemukan cara baru yang efektif untuk mengobati bakteri resisten adalah salah satu tantangan paling penting dalam pengobatan global dan ini dapat memberikan solusi yang dapat menyelamatkan sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia, jutaan pound.’

Spesialis hati Thomas Berg, profesor kedokteran di Universitas Leipzig, Jerman dan Sekretaris Jenderal EASL, mengatakan pada konferensi bahwa penelitian Inggris itu ‘menarik’.

Dr Berg pula mengatakan, penelitian ini menegaskan meningkatnya kesadaran belakangan ini tentang hubungan antara kesehatan usus dan penyakit hati dan akan menjadi kunci pemahaman ilmiah kita seputar kesehatan hati untuk tahun-tahun mendatang.

Dr Lindsey Edwards, dari King’s College London, mengatakan pada konferensi pers EASL di Wina bahwa itu adalah proses yang ‘sangat kasar’.

“Kami mengambil kotoran. Kami menumbuknya dalam blender koktail. Kami bercanda dan mengatakan dikocok bukan diaduk – tetapi Anda tidak meminumnya,” katanya.

Itu baik diberikan melalui endoskopi atau Anda dapat meminumnya dengan kapsul atau kami menyebutnya crapsule.

“Ini memulihkan semua bakteri baik Anda. Tapi hal yang baik dalam memulihkan bakteri baik itu adalah mengembalikan semua enzim itu dan secara metabolis memprogram ulang Anda, pada dasarnya.”

Dia menjelaskan bahwa mengurangi infeksi untuk pasien hati sangat penting.

“Infeksi pada pasien hati mematikan karena dua alasan. Mereka mati karena infeksi atau dikeluarkan dari pencangkokan, yang merupakan upaya terakhir.”

“Jadi, sangat penting untuk mencoba dan menghentikan pasien ini terkena infeksi.”

Dia mengatakan itu juga penting karena berarti pasien yang rentan tidak menjadi korban resistensi antibiotik.

“Apa yang kami lakukan adalah memperkuat sistem kekebalan Anda sehingga Anda tidak menyebabkan banyak antibiotik. Itu juga sangat penting, karena salah satu masalah kesehatan global terbesar selain penyakit hati adalah resistensi antimikroba.”

Aleksander Krag, wakil sekretaris EASL dan seorang spesialis hati di Denmark mengatakan ini adalah ‘contoh bagus tentang bagaimana pemahaman yang lebih mendalam tentang perubahan teknologi tiba-tiba dapat mengarah pada jalan baru tentang bagaimana kita dapat memahami dan membantu pasien dengan cara baru.’

Pada uji coba pertama pasien diberikan FMT 30 hari dan pada penelitian kedua diberikan crapsule selama tiga tahun kemudian dilanjutkan selama dua tahun.

Semua donor memiliki pola makan vegan atau vegetarian – kebetulan tidak dirancang – dan disaring dengan hati-hati untuk 26 penyakit termasuk Covid-19.

Dr Edwards juga menambahkan mereka juga menjalani banyak pengujian yang berbeda, gaya hidup, kuesioner, semua hal semacam itu. Jadi pastikan tidak ada yang kami transmisikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang uji coba lihat https://www.fmt-trials.org/promise/faqs-2/. (red)