Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wow! Matahari Tak Terbenam Selama Empat Bulan di Norwegia

×

Wow! Matahari Tak Terbenam Selama Empat Bulan di Norwegia

Sebarkan artikel ini

SETIAP negara memiliki keunikan masing-masing. Contohnya di Norwegia. Di sana, matahari tidak terbenam di beberapa bagian negara selama bulan-bulan musim panas, membuat bentang alamnya bermandikan sinar matahari 24 jam sehari.

Ini adalah fenomena alam yang dikenal sebagai ‘matahari tengah malam’ yang terjadi di tempat-tempat selatan Lingkaran Antartika dan utara Lingkaran Arktik.

Kepulauan Svalbard di Norwegia mengalami bentangan terlama setiap tahun – di sini, tanggalnya tidak antara 20 April dan 22 Agustus.

Rekaman drone yang luar biasa yang ditangkap oleh fotografer perjalanan Inggris George Cooper menunjukkan fenomena menarik ini terjadi di Kepulauan Lofoten yang menakjubkan dan bagian lain Norwegia.

Dalam cuplikan – yang telah menjadi viral di Instagram dengan lebih dari 9,1 juta suka – pulau-pulau itu terlihat diterangi oleh sinar matahari sepanjang malam, dari pukul 23.00 hingga 03.00.

Memperkenalkan video tersebut kepada para pengikutnya. “Dua puluh empat jam siang hari benar-benar merupakan pengalaman yang menggugah pikiran. Melihat matahari tidak pernah tenggelam di bawah cakrawala adalah salah satu hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat,” tulis George seperti dilansir di dailymail.com, Rabu (5/4/2023).

Hingga saat ini, klip tersebut telah menerima lebih dari 44.000 komentar, dengan pengguna Instagram.

“Semoga semua orang memiliki tirai anti tembus pandang,” demikian komentar Justcallm3marko.

“Menggambarkan pengaturan yang dipenuhi sinar matahari sebagai ‘surga di bumi’,” kata Sanssufiyan.

Bagaimana cara kerja matahari tengah malam?

Visit Norway menjelaskan bumi berputar pada sumbu miring relatif terhadap matahari, dan selama bulan-bulan musim panas, Kutub Utara miring ke arah bintang kita.

“Itu sebabnya, selama beberapa minggu, matahari tidak pernah terbenam di atas Lingkaran Arktik.”

Badan pariwisata menggambarkan warna sinar matahari ini sebagai ‘seperti matahari terbenam dan matahari terbit yang berkepanjangan sekaligus’ dengan ‘cahaya kuning kemerahan’.

Seperti halnya di Svalbard dan Kepulauan Lofoten, efek matahari tengah malam dapat dialami di kota Bodo, Tanjung Utara di ujung negara tersebut dan di kota Tromso, di antara tempat-tempat lainnya.

Ada banyak kegiatan yang dapat dinikmati sepanjang malam selama 24 jam sinar matahari – wisatawan dapat bermain golf tengah malam, bersepeda, mengayuh sungai, memulai ekspedisi mengamati ikan paus, atau mencoba kayak laut di malam hari.

Kunjungi Norwegia juga merekomendasikan pergi ke Svalbard untuk melakukan pendakian tengah malam dengan pemandu di gletser.

Jalur kapal pesiar seperti Hurtigruten atau Havila menawarkan ‘kapal pesiar matahari tengah malam’, memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan sinar matahari yang tampaknya tak pernah berakhir di sepanjang pantai Norwegia. (red)