Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Fenomena Langka, Seorang Bayi di Pakistan Lahir dengan Dua Penis yang Berfungsi

×

Fenomena Langka, Seorang Bayi di Pakistan Lahir dengan Dua Penis yang Berfungsi

Sebarkan artikel ini

SEORANG bayi di Pakistan telah lahir dengan dua penis yang berfungsi normal. Sayangnya si bayi tidak ada anus dalam fenomena medis yang langka.

Penis anak laki-laki itu ‘berbentuk normal’, menurut dokter yang menerbitkan kasus luar biasa langka dari kondisi yang dikenal sebagai diphallia dalam jurnal medis.

Namun, yang satu lebih besar 1 cm dari yang lain.

“Bocah itu juga bisa buang air kecil ‘dari kedua lubang,” ungkap ahli bedah di Islamabad, seperti dilansir di dailymail.com, Jumat (28/4/2023).

Petugas medis membiarkan kedua anggota tetap utuh, tetapi tidak mengungkapkan alasannya.

Namun, mereka membuat lubang melalui kolonoskopi sehingga dia bisa buang air besar.

Menulis di International Journal of Surgery Case Reports , tim tersebut mengklaim bahwa kemungkinan terkena difalia – seperti yang diketahui secara medis – adalah satu banding enam juta.

Hanya 100 kasus yang tercatat dalam literatur medis, dengan yang pertama terjadi pada tahun 1609.

Dokter yang merawat bocah itu menyatakan 1 persen penderita juga memiliki cacat yang mempengaruhi anus atau dubur mereka.

Tetapi mereka tidak menyatakan apakah itu berarti anak ini adalah kasus cacat ini yang pertama di dunia, seperti yang ditunjukkan oleh jumlah mereka.

Anak laki-laki yang lahir setelah 36 minggu, dirawat di Rumah Sakit Anak di Institut Ilmu Kedokteran Pakistan.

Orang tuanya, yang membawanya ke unit gawat darurat rumah sakit segera setelah dia lahir, tidak memiliki riwayat keluarga dengan cacat lahir.

Dokter yang memeriksanya melihat bahwa dia tidak memiliki lubang anus dan dua ‘lingga yang terbentuk dengan baik’, salah satunya berukuran 1,5 cm, sedangkan yang lainnya berukuran 2,5 cm.

Pemindaian mengungkapkan bahwa dia memiliki satu kandung kemih yang melekat pada dua uretra, yang berarti dia mengeluarkan urin dari kedua penis.

Ahli bedah mengalihkan salah satu ujung usus besarnya melalui lubang di sisi kiri bawah perut, untuk memungkinkan dia buang air besar.

Anak laki-laki itu dipantau selama dua hari setelah operasi. Dia kemudian dipulangkan dan janji tindak lanjut diatur.

Tidak jelas bagaimana diphallia terjadi, dan tidak ada faktor risiko tunggal yang diketahui – tetapi diduga terjadi secara kebetulan saat alat kelamin berkembang di dalam rahim.

Pasien dapat mengalami difalia lengkap, saat kedua penis berkembang dengan baik, atau difalia parsial, saat salah satu penis lebih kecil atau cacat. (red)