Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Apple Akan Merilis iPhone Tak Perlu Memakai Casing

×

Apple Akan Merilis iPhone Tak Perlu Memakai Casing

Sebarkan artikel ini

STEVE Jobs sebelumnya mempermasalahkan dengan memasukkan iPhone yang dirancang dengan baik ke dalam pelindung plastik.

Nah setelah bertahun-tahun kematiannya, Apple dapat merilis ponsel yang tidak memerlukan casing.

Raksasa teknologi ini telah dianugerahi paten baru yang menggambarkan permukaan ‘tahan abrasi’ yang tidak terlalu rentan terhadap goresan, lecet, atau goresan, menghilangkan kebutuhan akan penutup yang tidak sedap dipandang.

Gambar dalam dokumen tersebut menunjukkan kumpulan microbeads yang tahan lama, kurang dari ukuran ujung pensil, yang memanjang di atas panel belakang iPhone yang diklaim dapat melindungi bagian yang lebih lembut dari casing perangkat.

Apple menyarankan merancang manik-manik ‘tahan abrasi’ bisa ‘terdiri dari logam, gelas, keramik, atau bahan lain yang sesuai.’

Manik-manik, menurut paten, ‘mungkin tertanam dalam bahan plastik’ menunjukkan panel belakang iPhone mirip dengan polikarbonat model iPhone sadar anggaran sebelumnya, seperti iPhone 5S dan 5C yang dirilis pada 2013.

Manik-manik ini ‘dapat meluas di atas permukaan atas bahan plastik,’ sebagaimana dirinci dalam paten,  Paten 11678445 , yang diajukan pada 26 September 2017, tetapi hanya diberikan dan dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS Selasa lalu.

Di banyak iterasi iPhone selama bertahun-tahun, Apple telah berjuang dan bereksperimen untuk meningkatkan ketahanan perangkat terhadap keausan sehari-hari sambil mempertahankan hasil akhir perangkat seluler yang halus dan mengkilap.

iPhone 14 dan 14 Plus tahun lalu membanggakan ‘perisai keramik’ tahan air standar IP68 (standar IEC 60529) yang menyelimuti seluruh ponsel, dengan panel belakang datar dari aluminium, tersedia sebagai baja tahan karat pada 14 Pro dan Pro Max kelas atas.

Bahan-bahan yang terdengar kokoh ini bernasib buruk dalam uji jatuh beberapa pengulas produk dibandingkan dengan iPhone 12 dan 13.

Paten baru Apple, berjudul ‘komposit spasial’, memang menawarkan petunjuk bahwa ia memiliki rencana tentang cara memisahkan perbedaan antara daya tahan dan kemewahan: permukaan ‘segi’ ke manik-manik mikro yang terbuka yang akan berkilauan seperti permata yang dipoles

“Faset semacam itu dapat memantulkan cahaya ke arah tertentu,’ menurut paten, ‘yang dapat menghasilkan tampilan, refleksi, gambar, atau warna yang diinginkan,” demikian laporan paten yang dilansir di dailymail.com, Jumat (16/6/2023).

Meskipun diagram yang dikirimkan dengan paten dengan jelas menunjukkan bahwa panel belakang tahan abrasi ini ditujukan untuk iPhone, bahasanya menunjukkan bahwa iPad, MacBook, dan perangkat lain yang lebih tahan gores juga dapat dibuat.

Namun, salah satu dari beberapa hal yang tidak dijelaskan oleh paten Apple sama sekali adalah bagaimana tekstur ini terasa saat disentuh.

Pembuat teknologi Cupertino yang selalu sadar desain telah mematenkan inovasi untuk mengungguli saingan atau konsep cadangan yang akhirnya diwariskan.

Misalnya, belum ada yang keluar dari paten Apple untuk iPhone yang dapat dilipat seperti dompet.

Namun microbeads yang tangguh mengatasi kebutuhan mendesak akan iPhone yang sangat tangguh yang terbuat dari bahan yang menjaga kemilaunya dan tidak terlalu kuat sehingga secara tidak sengaja menjadi perisai elektromagnetik yang mengganggu keseluruhan inti ponsel.

Pengamat industri berspekulasi bahwa paten ini datang terlambat untuk dimasukkan ke dalam iPhone 15 yang tak terelakkan.

Tetapi beberapa orang bertanya-tanya apakah manik-manik yang berkilauan dan kokoh itu mungkin menjadi fitur di  iPhone Ultra yang telah lama dirumorkan dan berperforma sangat tinggi , tertanam di panel belakang yang terletak di sasis titanium yang juga dirumorkan sudah lama. (red)