Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

PDIP Suara Terbanyak di Sulut, Rio Raih Kursi Pertama DPR RI

×

PDIP Suara Terbanyak di Sulut, Rio Raih Kursi Pertama DPR RI

Sebarkan artikel ini

MANADO – PDI Perjuangan masih jadi pemimpin perolehan suara dukungan untuk DPR RI di Pemilu 2024 ini. Meski masih menunggu hasil pleno KPU Sulut, namun untuk kursi pertama DPR RI dari Dapil Sulawesi Utara dipastikan milik Rio Dondokambey setelah meraih suara terbanyak di internal PDI Perjuangan.
“Rio Dondokambey dipastikan meraih kursi pertama dari enam kursi jatah DPR RI utusan Sulawesi Utara,” ujar sumber dari kamar hitung PDI Perjuangan Sulut.
Sebelumnya diberitakan, mengutip hasil quick count Politika Research & Consulting (PRC), PDI Perjuangan berhasil meraih 37,97 persen di Sulut. Hasil ini mengungguli Partai Golkar dengan raihan 23,83 persen, diikuti Partai Demokrat 15,19 persen, Partai Nasdem 9,61 persen, Partai Gerindra 6,13 persen, serta sejumlah partai lainnya yang hanya meraih suara di bawah 2 persen ke bawah. Adapun, total suara masuk sudah 100 persen, berdasarakan pembaruan data pada 15 Februari 2024, pukul 10:15 WIB.
Menanggapi hasil ini, Pengamat Politik Sulut Dr Johnny P Lengkong SIP MSi mengatakan, jika dilihat dari beberapa lembaga survey nasional, Sulut merupakan salah satu daerah tiga besar yang tertinggi untuk PDI Perjuangan. Presentasenya berada di kurang lebih 35-an persen.
“Ini merupakan suatu prestasi, dari pemilu ke pemilu mampu dipertahankan oleh PDIP. Tinggal kita lihat berapakah raihan kursi, tentu saja itu nanti harus berkisar di situ (Hasil Quick Count PRC, red). Kita tidak tahu margin error-nya berapa, 1 persen atau 2 persen, saya kira tidak akan berbeda jauh. Tapi tetap nanti hasil akhir adalah yang dirilis oleh KPU secara resmi,” ungkapnya kepada wartawan, pada Kamis (15/2/2024).
Untuk berapa raihan kursi, lanjut dia, tentu saja akan dilihat berapa jumlah yang memilih secara keseluruhan, dari hasil yang dirilis oleh KPU nanti. “Kemudian, nanti bisa lihat siapa yang akan mewakili dari PDIP. Karena total suara yang masuk dari hasil hitung cepat ini, kan, bisa berbeda dengan apa yang nanti dikeluarkan oleh KPU,”
Dia menegaskan lagi, intinya PDIP Sulut masih yang tertinggi atau bisa mempertahankan hasil dari Pemilu sebelumnya. “Kalau dikaitkan dengan Pilpres, itu semacam dua hal yang berbeda. Bahwa, ada sebagian dari pemilih PDIP, katakanlah untuk memilih Capres itu agak berbeda dengan pandangan partai. Seperti itu kayaknya,” tukasnya.(red)