Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
Bisnis dan EkonomiEnergiMinutPendidikanPublikSulut

PLN Gagas Kolaborasi 4P Tingkatkan Indeks Literasi Baca Daerah

2141
×

PLN Gagas Kolaborasi 4P Tingkatkan Indeks Literasi Baca Daerah

Sebarkan artikel ini

MINUT – PT PLN (Persero) terus berkomitmen dan berperan aktif dalam menjalankan tujuan pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satunya adalah pendidikan yang berkualitas.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, gagasan kolaborasi antara PLN, PNM, Perpustakaan dan Pulisan (4P) dicetuskan guna memberikan dukungan terhadap dunia literasi dalam bentuk revitalisasi bangunan dan penyediaan fasilitas taman baca di Desa Pulisan, Minahasa Utara. Lokasinya berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang juga merupakan salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas.

Adapun rincian bantuan melalui TJSL dengan bersinergi dengan 4P tersebut senilai Rp 80 Juta meliputi revitalisasi bangunan, 2 buah komputer, 2 meja komputer, Smart TV 43’, 1 rak buku, komik Si Lintar, papan tulis, bean bag sofa, 10 meja dan kursi belajar anak serta instalasi listrik dengan daya 2.200 VA. Tak hanya itu, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara juga turut berpartisipasi dalam bentuk pemberian buku gratis untuk anak usia PAUD sampai dengan Sekolah Menegah Atas.

General Manager PLN Suluttenggo, Leo Basuki yang hadir langsung dalam peresmian Taman Baca Pulisan menyampaikan bahwa kegiatan PLN Peduli ini merupakan satu dari sekian bantuan yang difokuskan pada sektor pendidikan.

“Bantuan hari ini merupakan satu dari sekian yang PLN telah berikan untuk meningkatkan sektor pendidikan. Melalui bantuan ini diharapkan minat baca anak-anak sedari usia dini dapat meningkat,” ujar Basuki

Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si, yang turut hadir dalam acara peresmian mengungkapkan apresiasi terhadap kolaborasi dengan hadirnya taman baca tersebut.

“Kolaborasi 4P ini sangatlah berguna, gagasan yang luar biasa ini diharapkan dapat mendongkrak indeks literasi Provinsi Sulut yang saat ini berada pada peringkat 26,” kata mantan Sekkab Bolmut ini.

Hadir pula dalam acara peresmian, Kepala Cabang PMN Manado, Eka Pradana Wijaya yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Pulisan yang lokasinya berdekatan dengan KEK Likupang perlu didukung dengan tingkat mutu pendidikan yang baik.

“Hadirnya bantuan berkat kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan teknologi dan wawasan masyarakat sekitar yang suatu saat bisa mengembangkan potensi wisata desa,” ucap Eka.

Dalam upaya mewujudkan peningkatan literasi baca dan mutu pendidikan tersebut tidak akan terwujud apabila tidak terciptanya hubungan yang harmonis dalam sinergitas yang terjalin baik dengan para stakeholder.

“Sesuai dengan tata nilai AKHLAK dari Kementrian BUMN yakni Kolaboratif. Maka 4P ini dalam menghadirkan taman baca ini dapat terwujud,” tutup Basuki

Taman Baca Pulisan menjadi bukti bahwa PLN tidak hanya memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada seluruh pelanggan dan masyarakat, tetapi juga mengaplikasikan kepedulian akan sektor pendidikan lewat TJSL PLN Peduli. Berbagai hal menarik lainnya tentang Program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(red)