Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pulau Aneh Ini Terletak Antara Prancis dan Spanyol yang Krisis Identitas, Kok Bisa?

×

Pulau Aneh Ini Terletak Antara Prancis dan Spanyol yang Krisis Identitas, Kok Bisa?

Sebarkan artikel ini

SEBUAH pulau aneh terletak di antara Prancis dan Spanyol, memiliki masalah krisis identitas. Bagaimana tidak, bahasa yang digunakan dalam pulau tersebut tergantung pada waktu dalam setahun.

Namanya Pulau Pheasant. Ya, sebuah pulau tak berpenghuni itu terletak di sungai Bidasoa di sepanjang perbatasan antara Prancis dan Spanyol.

Pulau itu adalah milik Prancis selama setengah tahun, sedangkan separuh lainnya menjadi milik Spanyol.

Sejak pertengahan abad ke-17, pulau yang berukuran panjang 200 m (660 kaki) dan lebar 40 m (130 kaki) ini telah diperintah oleh Spanyol dari 1 Februari hingga 31 Juli, pada saat itu diserahkan kepada Prancis, yang memerintah pulau dari 1 Agustus hingga 31 Januari.

Bagaimana situasi itu terjadi? Pada tahun 1659, pulau tersebut – yang dianggap sebagai ruang netral – menjadi tuan rumah penandatanganan Perjanjian Pyrenees, perjanjian damai antara Louis XIV dari Prancis dan Philip IV dari Spanyol yang mengakhiri Perang Prancis-Spanyol yang dimulai pada tahun 1635.

Sebagai bagian dari perjanjian, diputuskan bahwa kedua negara akan bergantian menguasai pulau itu, menjadikannya ‘kondominium’ – wilayah di mana banyak negara berbagi otoritas yang sama.

Sebuah ode untuk acara ini, sebuah monolit batu, didirikan di pulau itu pada tahun 1861 – sisi yang menghadap Spanyol ditulis dalam bahasa Spanyol, sementara huruf Prancis terukir di sisi yang menghadap Prancis, ungkap situs perjalanan Fascinating Spain, seperti dilansir di dailymail.com, Senin (27/2/2023).

Itu bukan satu-satunya peristiwa sejarah penting yang terjadi di singkapan kecil ini.

Pada tahun 1660, Maria Theresa dari Spanyol mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya dan istana Spanyol di pulau itu, sebelum menyeberang ke Prancis untuk menjadi istri Raja Prancis Louis XIV.

Acara tersebut tercatat dalam buku sejarah sebagai ‘Pertemuan di Pulau Pheasants’.

Belakangan, pada 1721, Raja Louis XV bertemu calon istrinya Mariana Victoria dari Spanyol di pulau itu. Sayangnya, mereka tidak pernah menikah, karena Louis kemudian menikahi Marie Leszczynska, seorang anggota keluarga bangsawan Polandia terkemuka.

Terlebih lagi,  Basque Country Tourism mengungkapkan bahwa ‘pulau itu juga telah digunakan sepanjang sejarah untuk pertukaran sandera’.

Meskipun namanya menunjukkan sebaliknya, tidak ada burung pegar yang ditemukan di pulau itu. Menurut Fascinating Spain, ketika penulis Romantis Victor Hugo mengunjungi pulau itu pada tahun 1843, dia mengeluh melihat ‘paling banyak seekor sapi dan tiga bebek’, tetapi tidak ada burung pegar.

Saat ini, akses ke pulau itu dibatasi – hanya boleh dikunjungi oleh publik pada hari-hari pusaka khusus yang telah diatur untuk memperingati perjanjian bersejarah tersebut.

Karena sungai Bidasoa pasang surut, dengan air yang mengalir ke Laut Cantabria, pulau ini terkadang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Spanyol.

Kota Irun di Basque terletak di sisi sungai Spanyol. Setelah menikmati pemandangan Pulau Pheasant dari tepi sungai, pengunjung dapat mengagumi pemandian Romawi kuno di kota ini dan bersantap di berbagai restoran Basque.

Sementara itu, di sisi sungai Prancis, ada Hendaye, sebuah kota tepi laut Basque yang menawarkan pantai berpasir bagi wisatawan dan istana abad ke-19.

Dewan lokal Irun dan Hendaye bertanggung jawab untuk menjaga pulau itu, mencapainya dengan perahu untuk memotong semak dan memangkas pohonnya. (red)