Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tujuh Tanda Tersembunyi Anda Punya “Harga Diri” Rendah, Apa Saja?

×

Tujuh Tanda Tersembunyi Anda Punya “Harga Diri” Rendah, Apa Saja?

Sebarkan artikel ini

 


TUJUH tanda tersembunyi Anda punya harga diri rendah. Apa saja itu?

Seorang psikolog telah mengungkapkan tujuh tanda tersembunyi dari harga diri rendah – termasuk ragu-ragu dan selalu menebak-nebak diri sendiri.

Psikolog sewaan yang berbasis di Birmingham Dr Lalitaa Suglani menggunakan Instagram, di mana dia memiliki lebih dari 110.000 pengikut, untuk berbagi informasi tentang topik tersebut dalam postingan terbaru.

Psikolog itu melengkapi postingannya dengan keterangan yang luas, di mana dia menjelaskan apa itu harga diri, dan bagaimana orang dapat mengatasinya.

Dia mengatakan harga diri kita adalah ‘hubungan yang kita pegang dengan diri kita sendiri yang tidak selalu bisa dilihat orang lain’.

Dr Lalitaa menambahkan bahwa ini adalah bagaimana kita berbicara kepada diri sendiri dan berhubungan dengan orang lain dan dunia di sekitar kita.

Dia juga menjelaskan seringkali kita dapat bergumul dengan harga diri kita di belakang layar karena kita mungkin takut orang lain melihat kita yang ‘sebenarnya’.

Tapi, katanya, penting untuk ‘merangkul bagian ini dari kita’, selanjutnya menjelaskan bahwa dia ‘selalu menemukan ketika [dia] membayangkan bagian ini sebagai anak yang lebih muda atau anak batin [nya] yang perlu diasuh, [dia] dapat menunjukkan kasih sayang.

“Sangat kuat bagaimana hal itu dapat mengubah cara kita berhubungan dengan dunia di sekitar kita,” katanya seperti dilansir di dailymail.com, Rabu (1/3/2023).

Daftar tujuh tanda tersembunyi dari harga diri Dr Lalitaa termasuk banyak terlibat dalam pembicaraan diri sendiri yang negatif. Misalnya, mengatakan hal-hal kepada diri sendiri seperti ‘Saya sangat konyol’.

Tanda lain yang dia cantumkan adalah bahwa Anda meremehkan kekuatan Anda – dan sebaliknya, Anda cenderung memikirkan kelemahan Anda.

Menurut psikolog, orang dengan harga diri rendah mungkin ragu-ragu, dan mereka mungkin menebak-nebak setiap keputusan yang mereka buat – termasuk keputusan terkecil dan paling tidak penting serta keputusan yang lebih besar.

Dr Lalitaa juga mengatakan bahwa sulit menerima pujian bisa menjadi tanda potensial bahwa Anda menderita harga diri rendah.

Di antara tanda-tanda lainnya adalah menghindari berbicara saat Anda sedang rapat dan berkumpul.

Tanda kedua dari belakang untuk membuat daftar tujuh adalah bahwa mereka yang memiliki harga diri rendah mungkin merasa bahwa mereka tidak layak mendapatkan hal-hal baik dalam hidup.

Dan tanda terakhir, menurut psikolog, adalah berpikir bahwa orang lain lebih baik dari Anda.

Dr Lalitaa mencatat dalam caption postingannya bahwa Anda dapat mengubah harga diri Anda. Dia menjelaskan ini tentang perjalanan batin.

“Saya telah bekerja dengan orang-orang dan mereka telah memulai perjalanan dengan mengatakan saya tidak bisa melihat jalan lain ke depan dan mempercayai proses terapi. Anda punya ini,” jelasnya.

Sejumlah orang membuka bagian komentar di postingan tersebut untuk menceritakan tentang pengalaman mereka sendiri yang merasa rendah diri.

Seseorang menulis sulit menerima pujian. “Selalu saya sangat kritis terhadap diri saya sendiri. Selalu penuh rasa tidak aman.”

Yang lain merasakan hal yang sama. “Kamu selalu merendahkan diri begitu cepat. Anda sangat kritis terhadap diri sendiri dan berpikir lebih tinggi tentang sampah daripada diri Anda sendiri. Anda sangat meragukan diri sendiri dan tidak melihat cahaya yang bersinar tentang diri Anda. Namun Anda dengan cepat merayakan cahaya, keajaiban, dan kesuksesan orang lain.”

Dan yang ketiga pun berkata. “Ya ampun, saya bisa memahami semua ini, bahkan ketika saya menerima pujian saya masih bingung bagaimana harus bereaksi.”

Dr Lalitaa mencatat bahwa orang-orang yang membaca postingan tersebut harus sadar bahwa ‘Instagram bukanlah pengganti terapi’, dan bahwa pembaca harus ‘ingat, bahwa tidak semua [yang dia posting] akan berlaku untuk Anda atau situasi Anda’. (red)

Tanda-tanda harga diri rendah:

1. Anda sering melakukan self talk negatif.

2. Anda meremehkan kekuatan Anda dan memikirkan kelemahan Anda.

3. Anda ragu-ragu dan menebak-nebak bahkan keputusan terkecil sekalipun.

4. Anda sulit menerima pujian.

5. Anda menghindari berbicara saat berada dalam kelompok.

6. Anda merasa tidak layak mendapatkan hal-hal baik dalam hidup.

7. Anda pikir orang lain lebih baik dari Anda.

Sumber: Dr Lalitaa Sugani