Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bupati Limi Inspektur Upacara HUT ke-69 Kabupaten Bolmong

×

Bupati Limi Inspektur Upacara HUT ke-69 Kabupaten Bolmong

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Peringatan HUT ke 69 Kabupaten Bolmong berlangsung meriah. Dalam kegiatan yang dilaksanakan Selasa (28/3) pagi, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Sulut, diwakili Kepala Biro Abdullah Mokoginta, ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, Forkopimda, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA, Perwakilan Kepala Daerah se-bolmong raya, Pimpinan DPRD Bolmong raya, OPD Pemkab Bolmong, Camat dan Sangadi se-Bolmong.

Dalam amanat Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, menyampaikan ucapan selamat HUT kabupaten Bolmong yang ke -69, atas nama Pemerintah, keluarga dan masyarakat Bolmong pada umumnya.

Bolmong bisa sejajar dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya di provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dikarenakan atas dedikasi para pemimpin sebelumnya sehingga Bolmong menjadi daerah otonom.

Pada kesempatan itu, kata Bupati di momen HUT kabupaten. Ia mengajak untuk menghayati dan membuka memori lembaran sejarah 69 yang tahun lalu. Dimana berbagai keberhasilan yang dicapai saat ini, dan sekaligus terbentang sejumlah permasalahan yang akan menjadi catatan kita semua atau pelaku pembangunan didaerah kita cintai bersama ini. “Untuk membangun daerah ini ada tetesan keringat yang dilakukan oleh pemimpin yang silih berganti bagi percepatan pembangunan didaerah ini,” katanya, dalam amanat.

Kesempatan itu pula, ia menyampaikan ucapan yang setinggi – tingginya kepada para bupati dan wakil Bupati, periode dan pimpinan DPRD Bolmong dan anggota sebelumnya. Yang telah memberikan kontribusi dan karya nyata dalam membangun dan memajukan kabupaten Bolmong.

Ia pun dalam amanat tersebut, mengatakan dalam menata kabupaten Bolmong, dan untuk menghadapi sejumlah tantangan, bahkan permasalahan dan peluang. Pasti semua elemen masyarakat didaerah ini sepakat atas dasar sinergitas dan komitmen bersama untuk membangun dan pelayanan yang terbaik. Ini tentu sesuai tugas dan fungsi masing-masing demi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat didaerah ini.

Oleh karena itu, HUT kabupaten pada tahun ini mengangkat tema yakni dengan semangat hari ulang tahun ke -69 kabupaten Bolmong kita tingkatkan daya saing daerah menuju lumbung pangan regional kawasan timur Indonesia. Tema ini kata Limi, tentu mengajak kita semua untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang kita miliki saat ini.

Ini dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan persaingan guna mendorong pencapaian tingkat provinsi demi terciptanya kedaulatan pangan dikabupaten Bolmong.

Dikesempatan itu pula, Limi memprediksi ada tiga tantangan dan peluang besar kabupaten Bolmong kedepan yang akan dihadapi yakni pertama tantangan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, penanggulangan kemiskinan, dan penciptaan lapangan pekerjaan. Selanjut tantangan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, transparan serta akuntabel. Sehingga kita tetap mempertahankan opini terbaik atas pengelolaan keuangan daerah.

Kemudian tantangan terkait sinergitas antara Pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Pemerintah daerah dan pemerintah desa serta kelurahan bahkan pelaku usaha dan masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan itu, kata Limi tentu semua tidak menutup mata dalam dinamika pembangunan yang dilalui bersama yang masih syarat tantangan. Meski demikian, ada banyak capaian dan perubahan yang dilakukan.

Keberhasilan diraih tersebut hasil dari semua komponen masyarakat tentunya didalamnya jajaran birokrasi, baik yang ada ditingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan. Karena tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesional maka prestasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir indah dalam sejarah perjalanan kabupaten Bolmong.

Diakhir sambutannya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua komponen masyarakat Bolmong, dalam turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Bolmong. (adv)