Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Olly Resmikan Bendungan Lolak di Bolmong

×

Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Olly Resmikan Bendungan Lolak di Bolmong

Sebarkan artikel ini

LOLAK – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, meresmikan Bendungan Lolak, di Desa Pindol, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat (23/2/2024) pagi.
Presiden kesempatan itu mengatakan, pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja.
“Ke depan urusan air, urusan energi ini akan menjadi sebuah persoalan besar kalau kita tidak siapkan sekarang,” katanya.
Presiden melanjutkan, Indonesia memiliki 4.400-an sungai, akan tetapi baru 292 sungai yang memiliki bendungan. Kepala Negara menyebut, Bendungan Lolak bisa menampung sebesar 16 juta meter kubik yang dapat mengairi sawah kurang lebih 2.214 hektare.
“Jadi, kalau di provinsi yang lain, di kabupaten yang lain juga kita memiliki bendungan dengan kapasitas yang kurang lebih sama. Air yang ada di negara kita akan bisa kita kelola dengan baik sehingga bermanfaat lebih besar,” jelasnya.
Presiden menuturkan, Bendungan Lolak bisa juga menyediakan air baku bagi masyarakat Bolmong, khususnya di Lolak, dan dapat mereduksi banjir hingga 29 persen.
“Kalau pun terjadi banjir, karena ada bendungan ini dampaknya terkurangi hingga 29 persen,” katanya. “Begitu juga untuk listrik mini hidro, bendungan ini bisa dimanfaatkan dan dapat menghadilkan sampai 2,43 MW,” tuturnya.
Apalagi, tambah Presiden, berdasarkan informasi dari Gubernur Olly Dondokambey, Kabupaten Bolmong merupakan lumbung padinya di Sulut.
“Betul-betul kita mengharapkan Bendungan Lolak ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya, khususnya pangan untuk masyarakat Sulawesi Utara,” pungkasnya.
Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey menambahkan bahwa dengan adanya Bendungan Lolak ini diharapkan akan semakin menjadikan Bolmong sebagai lumbung padi di Sulut.
“Juga ketersediaan air baku, penanganan bencana banjir, hingga bisa menjadi potensi wisata kreasi baru di Kabupaten Bolmong,” kata Gubernur Olly.
Sebagai referensi, wilayah Bolmong menyediakan lebih dari separuh produksi padi di Sulut. Bolmong juga pemilik 2 bendungan besar di Sulut, yakni Toraut dan Kosinggolan, yang fungsinya untuk mengairi sawah di wilayah Dumoga dan sekitarnya.
Dalam peresmian dihadiri sejumlah menteri yakni Menteri BUMN Erick Thoir, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Adapun rombongan Presiden Jokowi dan Gubernur Olly menggunakan helikopter barangkat dari Manado ke Bolmong. Selanjutnya dengan kendaraan yang sama Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja di Kota Bitung.(red)