Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Papan Skor Batu Kuno Permainan Mirip Sepakbola Berusia 1.000 Tahun Ditemukan Arkeolog

×

Papan Skor Batu Kuno Permainan Mirip Sepakbola Berusia 1.000 Tahun Ditemukan Arkeolog

Sebarkan artikel ini

ARKEOLOG di Meksiko telah menemukan papan skor batu berusia 1.000 tahun, yang digunakan oleh bangsa Maya kuno.

Papan skor digunakan selama pertandingan mirip sepakbola yang disebut ‘pelota’ atau ‘Maya Ballgame’, di mana bola berisi abu penguasa mereka yang telah meninggal.

Batu berukir dan melingkar itu ditemukan di situs arkeologi Maya Chichén Itzá di semenanjung Yucatan oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH).

Diameternya lebih dari 12,6 inci (32 cm) dan berat 88 lb (40 kg), dan menampilkan tulisan hieroglif yang mengelilingi dua pemain yang berdiri di samping bola.

Pemain di sebelah kanan juga tampak mengenakan pakaian tradisional pelindung pemain pelota, serta penutup kepala khusus yang ditutupi ular.

Ini dikenal sebagai ‘sorban ular’, dan citranya sering terlihat pada artefak di Chichén Itzá – kota besar pra-Columbus yang dibangun oleh bangsa Maya.

Ular itu adalah hewan suci dalam budaya Maya dan diyakini memiliki hubungan dengan dunia bawah dan dewa kesuburan.

Serban ular biasanya dikenakan oleh orang-orang berpangkat tinggi, seperti raja dan pendeta, pada saat upacara dan ritual penting.

Kehadirannya di papan skor, serta fakta bahwa cakram batu yang begitu mendetail dibuat, menyoroti pentingnya permainan tersebut bagi bangsa Maya.

Permainan ini diperkirakan dimainkan untuk tujuan seremonial, mungkin untuk memperingati anggota masyarakat yang penting.

Beberapa laporan mengatakan bahwa abu pemimpin yang mati dimasukkan ke dalam bola untuk permainan tersebut.

Pemain lain memakai hiasan kepala berbulu dan selempang dengan bunga di atasnya, dianggap teratai air.

Ada juga gulungan yang sejajar dengan wajah mereka, yang menurut para arkeolog dapat diartikan sebagai nafas atau suara mereka.

Pelota, yang berarti ‘bola’, adalah praktik tradisional masyarakat Mesoamerika, dan dimainkan dengan dua tim yang terdiri dari maksimal enam pemain di lapangan berbentuk I.

Salah satunya ditampilkan di ‘Casa Colorada’, atau ‘Colourful House’, struktur tempat papan skor ditemukan.

Permainan yang berasal lebih dari 3.000 tahun yang lalu ini dimainkan dengan bola karet padat yang beratnya bisa mencapai 9lbs (4 kg).

Tujuannya adalah untuk mendapatkannya melalui lingkaran batu vertikal di kedua sisi lapangan.

Pemain akan menggunakan pinggul, paha, dan terkadang tongkat kayu untuk mengoper bola ke rekan satu tim dan mencetak poin.

Tim juga akan kehilangan poin jika bola menyentuh tanah, dan satu pertandingan bisa bertahan hingga dua minggu.

Ada lagi, lapangan pelota yang lebih besar, bernama ‘Lapangan Bola Besar’ yang terletak di tengah Semenanjung Yucatan, yang dianggap telah mengadakan pertandingan yang tak terhitung jumlahnya.

Pelota masih dimainkan oleh masyarakat adat di beberapa bagian Amerika Tengah.

Artefak bernama ‘Disk of the Pelota Players’, bertuliskan referensi tanggal dalam kalender Maya yang setara dengan tahun 894 Masehi.

Oleh karena itu, para arkeolog percaya bahwa itu dibuat untuk pertandingan pelota peringatan antara 800 M dan 900 M, dalam periode Maya Klasik Terminal atau Awal Postklasik.

“Di situs Maya ini, jarang ditemukan tulisan hieroglif, apalagi teks lengkap,” kata Francisco Perez, salah satu arkeolog yang mengkoordinir penyelidikan tersebut, seperti dilansir di dailymail.com, Kamis (13/4/2023).

Disk itu ditemukan terbalik di dekat lokasi gapura yang menuju ke kompleks Chichén Itzá.

Oleh karena itu, para arkeolog berpikir itu mungkin pernah menjadi bagian dari dinding gapura, tetapi jatuh saat runtuh.

Para peneliti INAH kini bersiap untuk mengambil gambar teks dan ikonografi beresolusi tinggi untuk studi terperinci, sambil mempersiapkannya untuk konservasi.

Mereka berharap analisis prasasti dapat mengungkap hasil pertandingan, dan identitas kedua pemain yang ditampilkannya. (red)