Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Inilah Lima Cara untuk Memperlambat Penuaan Tanpa Operasi

×

Inilah Lima Cara untuk Memperlambat Penuaan Tanpa Operasi

Sebarkan artikel ini

INILAH lima cara untuk memperlambat penuaan tanpa operasi sesuai pendapat ahli.

Ya, terdapat ribuan orang Inggris menjalani operasi setiap tahun dalam upaya untuk tetap terlihat muda.

Botox, filler dan operasi kosmetik adalah beberapa pilihan paling populer untuk memperlambat tanda-tanda penuaan yang tidak diinginkan.

Tetapi prosedur mahal ini dapat menimbulkan efek samping dan bahaya, seperti infeksi, rasa sakit dan jaringan parut. Demikian kata Dr Asiya Maula, dokter umum dan direktur Health Suite, perusahaan perawatan kesehatan swasta di Leicester, seperti dilansir di dailymail.com, Jumat (5/5/2023).

Dia telah membagikan tipsnya tentang cara tetap awet muda yang  tidak mengharuskan Anda melakukan operasi. Dan beberapa metode tidak memerlukan biaya sepeser pun, di antaranya:

– Wajah yoga

Yoga membantu Anda rileks, memperkuat otot, dan merangsang aliran darah.

Tetapi yoga hanya untuk wajah Anda juga memiliki manfaat memutar ulang jam.

Melakukan latihan mengisolasi otot di wajah  dapat membuatnya tampak lebih kencang, kencang, dan montok, kata Dr Maula.

Ini karena yoga wajah merangsang aliran darah di wajah, yang mendorong produksi kolagen — protein yang mendukung kulit dan jaringan lain.

Untuk melihat hasilnya, para ahli menyarankan untuk memulai dengan berlatih yoga wajah dua kali sehari, sekali di pagi hari saat bangun tidur dan sekali di malam hari sebelum tidur.

Yang Anda butuhkan hanyalah lima menit setiap kali dan pilih tiga hingga empat pose, yang masing-masing ditahan selama 30 detik, setelah pemanasan cepat.

Untuk pemanasan, buka rahang Anda seolah-olah Anda sedang menguap lalu angkat mata untuk melihat ke langit-langit tanpa menggerakkan dahi dan tahan selama 10 detik dan ulangi.

Untuk satu pose, dia menyarankan untuk menggerakkan dagu ke satu sisi dan mengangkatnya sedikit, mengerutkan bibir untuk mencium. Tahan ini selama 10 detik dan ganti sisi untuk mengulang.

– Terapi oksigen hiperbarik

Terapi oksigen adalah cara lain untuk meremajakan kulit, menurut Dr Maula.

Udara yang kita hirup hanya sekitar 20 persen oksigen, dengan gas lain termasuk nitrogen dan karbon dioksida yang menyusun sisanya.

Tapi Terapi Oksigen Hiperbarik (HBOT) melibatkan menghirup oksigen 100 persen sambil berbaring di ruang hiperbarik berbentuk tabung.

Oksigen murni mendorong produksi kolagen, yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, tegas Dr Maula.

Di atas efek kosmetik, terapi ini juga ditemukan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat — keterampilan yang cenderung melemah seiring bertambahnya usia.

Ini juga meningkatkan sirkulasi, yang menurut Dr Maula dapat memperbaiki bintik-bintik penuaan, kulit kendor, keriput, struktur kolagen yang buruk dan kerusakan sel kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

“Anda dapat menikmati penampilan yang lebih muda lebih lama,” katanya.

– Menghabiskan waktu di luar

Kita semua merasa lebih baik saat matahari terbit. Tapi sinar matahari itu sendiri juga bisa membantu kita menghindari keriput.

Paparan sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Vitamin yang sama juga berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, kata Dr Maula.

Sinar alami matahari juga dapat membantu mengurangi stres, yang terkait dengan kondisi penuaan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penurunan kognitif.

Namun, sangat penting untuk menikmati matahari dengan bijaksana dan memakai tabir surya.

Terlalu banyak paparan radiasi UV dari matahari dapat merusak DNA dalam sel kulit dan menyebabkan kanker kulit, serta penuaan dini pada kulit.

– Akupunktur

Pengobatannya berasal dari pengobatan Tiongkok kuno.

Tapi akupunktur, yang melibatkan penyisipan jarum halus ke bagian tubuh tertentu, kini semakin populer sebagai alternatif filler.

Secara teori, ini bekerja dengan menyebabkan trauma pada kulit, yang memicu pelepasan fibroblas, juga dikenal sebagai ‘sel penyembuh’ untuk memperbaiki area ini dengan kolagen.

Dr Maula mengatakan proses ini juga memicu produksi elastin, yang membantu hilangnya kekencangan kulit.

Akibatnya, perawatan tersebut menyebabkan otot yang kendur menjadi kencang, terangkat, dan kencang.

Dibutuhkan enam sesi atau lebih untuk mulai melihat efek peremajaan, menurut Dr Maula.

– Tidur

Mendapatkan tidur kecantikan Anda adalah kunci untuk terlihat awet muda.

Lingkaran hitam sementara, kelopak mata bengkak, dan kulit pucat adalah efek samping yang diketahui dari kurang tidur.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa tidak cukup menutup mata memiliki efek penuaan yang tidak diinginkan.

Sebuah studi tahun 2013, yang melihat para peneliti AS memeriksa 60 wanita berusia 30 hingga 50 tahun, menemukan bahwa mereka yang kurang tidur lebih cenderung memiliki garis-garis halus dan warna kulit yang tidak merata.

Dan percobaan tidur, yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science  pada 2017, menemukan bahwa setelah tidur malam yang buruk Anda tampak kurang menarik.

Selain efek kosmetik ini, kurang tidur dapat membuat sel-sel dalam tubuh menua lebih cepat, menurut sebuah studi tahun 2015 oleh para peneliti di University of California. (red)