Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Penelitian: Bekerja dari Rumah Bikin Mata Bengkak, Bungkuk dan Tangan Seperti Cakar di Masa Mendatang

×

Penelitian: Bekerja dari Rumah Bikin Mata Bengkak, Bungkuk dan Tangan Seperti Cakar di Masa Mendatang

Sebarkan artikel ini

BEKERJA dari rumah dulunya merupakan hal yang langka. Namun hal tersebut telah menjadi norma bagi jutaan orang setelah pandemi Covid-19.

Tapi model baru yang aneh mungkin membuat Anda meminta untuk kembali ke kantor.

Para peneliti dari Furniture at Work telah mengungkapkan seperti apa pekerja rumahan pada tahun 2100 – dan itu bukan pemandangan yang indah.

Model mereka, dijuluki Anna, memiliki bungkuk, gelap, mata bengkak dan tangan seperti cakar akibat bekerja dari rumah.

“Anna menampilkan banyak efek fisik karena penggunaan teknologi yang konsisten, paparan layar dan postur tubuh yang buruk, serta menyoroti potensi masalah kesehatan mental,” kata Furniture at Work, seperti dilansir di dailymail.com, Jumat (16/6/2023).

Tim menciptakan Anna mengikuti penelitian dari University of Leeds yang menemukan bahwa sepertiga pekerja rumahan di Inggris tidak memiliki ruang kerja khusus di rumah.

“Untuk memvisualisasikan efek dari tidak memiliki tempat yang layak untuk bekerja di rumah, Furniture at Work menggunakan penelitian ilmiah dan bekerja dengan pakar kesehatan untuk mengungkap seperti apa pekerja jarak jauh di masa depan,” jelas Furniture at Work.

Bekerja dari tempat tidur telah merugikan Anna, yang memiliki punggung bungkuk dengan bahu terangkat, sambil menatap layar sepanjang hari telah membuat matanya merah dan bengkak.

Berjam-jam dengan tangan melingkari tikusnya telah menyebabkan jari-jarinya melengkung menjadi cakar permanen.

Dia juga menjadi korban kenaikan berat badan, sistem kekebalan yang lemah berkat udara segar yang tidak mencukupi, kecemasan dan depresi.

Berdasarkan temuan tersebut, pakar kesehatan mengimbau pekerja rumahan untuk mengambil langkah-langkah agar tetap sehat saat bekerja dari rumah.

Menurut Brian Clark, Pendiri United Medical Education, pekerja jarak jauh harus beristirahat secara teratur untuk meregangkan dan menggerakkan tubuh mereka untuk membantu menghindari sakit punggung dan leher.

Sementara itu, Sarah Gibson, Direktur Perawatan Kesehatan Proaktif, merekomendasikan untuk mengikuti aturan ’20-20-20′.

“Mengikuti aturan 20-20-20 adalah cara yang bagus untuk menjaga mata Anda jika Anda menghabiskan waktu lama menatap layar,” katanya.

“Berpalinglah dari layar Anda setiap 20 menit selama 20 detik dan fokuslah pada sesuatu yang berjarak 20 kaki.”

Selain itu, jika Anda rutin bekerja dari rumah, Mr Clark menyarankan untuk menyiapkan ruang kerja khusus.

“Menyiapkan ruang kerja yang ditunjuk dengan furnitur ergonomis juga penting untuk menetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi.” (red)