Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Disambut Bupati Limi Mokodompit, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko Kunjungi Bolmong

×

Disambut Bupati Limi Mokodompit, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko Kunjungi Bolmong

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit menyambut kunjungan kerja Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, beserta jajaran. Kegiatan tersebut dipusatkan di rumah dinas bupati, Desa Lalow, Kecamatan Lolak, Rabu (20/9) siang.

Kedatangan Pangdam XIII Merdeka dijemput dengan tarian dan sambutan adat (itum -itum) dalam bahasa Bolaang Mongondow. Dalam sambutannya Bupati Bolmong Limi Mokodompit, menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Lolak kepada Pangdam XIII Merdeka dan jajarannya. “Dengan ini saya menyapa dalam bahasa daerah Bolaang Mongondow Dega Niondon Komintan,” ucap Limi Mokodompit.

Dalm kesempatan ini juga Limi Mokodompit menyampaikan secara singkat letak geografis wilayah Bolmong. “Secara geografis Bolmong adalah daerah pemekaran Bolaang Mongondow Raya hingga menjadi 5 daerah yakni 4 kabupaten dan 1 kota. Boolmong memiliki luas wilayah 483.000 Meter persegi atau 30% dari luas wilayah Sulawesi Utara, serta memiliki 202 desa dan 15 kecamatan serta 2 kelurahan, dengan jumlah penduduk 252.808 jiwa” ujar Limi. “Terima Kasih kepada Pangdam XIII Merdeka dan jajarannya yang telah berkunjung ke wilayah Bolaang Mongondow,” ucap Limi Mokodompit.

Sementara itu Pandam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko dalam kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan khusus yang luar biasa oleh Bupati Bolmong. “Terima kasih atas sambutan khusus yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Bolmong, lebih khusus Bupati Bolmong yang dengan ramah dan senang menyambut kunjungan kami. Ini diluar dugaan, saya disambut dengan cukup meriah,” ucap Pandam.

Dalam kesempatan ini juga, Pangdam mengungkapkan kekagumannya atas penyambutan yang mengangkat budaya kearifan lokal adat istiadat serta Budaya Bolmong. “Saya kagum karena kedatangan saya dan rombongan disambut meriah oleh Pemerintah Kabupaten dan Bupati Bolmong dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal yakni dengan tarian jemputan dan penyambutan bagi tamu kehormatan serta disambut dengan sesepuh adat dengan bahasa lokal. Ini luar biasa dan saya salut karena masih memegang teguh kearifan lokal,” ungkap Pangdam.

Terakhir Pangdam menitip pesan untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang Pemilu. “Memasuki tahun pemilu, saya berharap kepada semua stakeholder bersama semua masyarakat yang ada diwilayah Bolmong agar menjaga keamanan dan stabilitas daerah menjelang pemilihan umum. Saya berharap saya bisa datang kembali berkunjung di daerah ini,” ujar Pangdam.

Dipenghujung acara, Bupati Bolmong Limi Mokodompit, menyerahkan cendramata kepada Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo Jatmiko. Kegiatan ini dihadiri Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Topan Angker, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Kapolres Bolmong AKBP Ariyanto Salkery SH MH, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu Elwin Agustian Khahar SH MH. Hadir juga Sekretaris Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang SIP MM, Ketua TP-PKK  Iryanti S Uswasnas, Ketua KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA, para asisten dan sejumlah pejabat di Pemkab Bolmong. (adv)