Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

FPRMI Anugerahi ABN kepada Kepala Daerah dan Pimpinan BUMN/BUMD/Swasta

×

FPRMI Anugerahi ABN kepada Kepala Daerah dan Pimpinan BUMN/BUMD/Swasta

Sebarkan artikel ini
FPRMI, Agus Subiyanto, Apresiasi Bela Negara
Pemberian Apresiasi Bela Negara oleh Forum PImpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI)

JAKARTA—Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI) Selasa (19/12/2023) memberikan penghargaan Apresiasi Bela Negara (ABN) kepada sejumlah kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, wali kota, wakil wali kota, p[impinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta swasta, bertempat di Gedung  Nusantara V DPR RI/MPR RI, Senayan Jakarta.

Ketua Umum FPRMI Bernadus Wilson Lumi mengatakan, pemberian penghargaan ABN tahun 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada mereka yang telah memberikan peran nyata kepada bangsa dan negara melalui media.

‘’Harapan kami, ini bisa bisa menginspirasi para kepala daerah, pimpinan BUMN, BUMD serta swasta dan menjadi garda terdepan dalam membela negara,’’ kata Lumi. Penganugerahan ABN itu sendiri dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I FPRMI.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas dan ABN 2023 Helmi Halim mengatakan, pemberian apresiasi ini untuk mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara serta semangat mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

‘’Kegiatan seperti ini nantinya menjadi agenda tahunan Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia sebagai tanggung jawab pers dan media dalam menjaga keutuhan bangsa,’’ kata Helmi Halim.

Penerima ABN itu sendiri kata Helmi Halim, telah melalui mekanisme penilaian melalui bukti karya mereka tentang aksi bela negara sejak November hingga awal Desember 2023. Tim penilai diketuai Tokoh Pers yang juga ahli hukum Profesor Bagir Manan sebagai, Mantan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dan juga pernah menjabat Ketua Dewan Pers Periode 2013 – 2016.

ABN 2023 diserahkan Aster TNI, Mayor Jenderal Mochamad Syafei Kasno mewakili Panglima TNI.  Dalam sambutannya, yang dibacakan Aster TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, setiap orang harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh terhadap situasi yang tidak menentu.

‘’Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI,” kata Mochamad Syafei Kasno membacakan sambutan Agus Subiyanto seraya mengajak media, pers dan seluruh elemen masyarakat serta penerima ABN untuk sealu mengorbarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Hadir dalam kegiatan, PltSekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, Direktur Kebijakan Bakamla-RI Laksamana Pertama TNI Ferry Supriady, Tokoh Pers dan Hukum Profesor Bagir Manan, Pengurus FPRMI Pusat dan Daerah. (*/red)

 

Ini  Daftar Penerima Apresiasi ABN 2023

 

Tingkat Pemerintah Provinsi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Pj Gubernur Bali Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya

Pj Gubernur Sumatra Utara Mayjen TNI (Purn) Hassanudin

 

Tingkat Kabupaten

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran

Bupati Halmahera Timur H Ubaid Yakub

Bupati Pandeglang Irna Narulita

 

Tingkat Kota

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie

Wali Kota Sabang Reza Fahlevi

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono

 

Pemimpin Perusahaan (BUMN)

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan

Direktur Utama BRI Sunarso

 

Pemimpin Perusahaan (BUMD)

Dirut PDAM Tirta Kerta Rahardja Kabupaten Tangerang Sofyan Safar

Direktur Utama Bank NTB Syariah Kukuh Raharjo

 

Pimpinan Swasta Emitem

Presiden Direktur JNE Mohammad Feriadi Soeprapto

CEO PT Suri Nusantara Jaya Diana Dewi.

Presiden Direktur Alfamart Anggara Hans Prawira

 

Special Recognation

Perempuan Inspiratif ABN 2023, Siti Fauziah Plt Sekjen MPR RI

Pemuda Inspiratif ABN 2023, Ahmed Zaki Iskandar Pengusaha/Politisi