Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Fatek Unsrat Jadi Tuan Rumah Workshop HAD 2024

×

Fatek Unsrat Jadi Tuan Rumah Workshop HAD 2024

Sebarkan artikel ini
Penyerahan cenderamata dari Kepala BWSS 1 Sugeng Harianto kepada Dekan Fatek Unsrat Prof Fabian Manoppo sebagai keynote speaker

MANADO – Fakultas Teknik Unsrat mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Talkshow Hari Air Dunia (HAD) tahun 2024 oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Manado. Dekan Fakultas Teknik Unsrat Prof. Dr. Ir. Fabian J. Manoppo, Agr. mewakili Rektor Unsrat Prof Dr Ir Berty Sompie menjadi keynote speaker dan workshop yang digelar di Aula Dekanat Lantai 5 Fakultas Teknik Unsrat Manado, Jumat (25/03/2024) sore.
Prof Fabian mengungkapkan potensi air tanah di Kota Manado saat ini sudah sangat kecil, yang disebabkan oleh eksplorasi air tanah yang semakin tinggi.
“Persoalannya, pertama, karena perkembangan kota. Di mana saat ini kita menjadi kota bisnis. Kedua, sumber air tanah seperti hutan semakin kecil, karena kebutuhan untuk pengembangan perumahan, jalan, dan sebagiannya; serta adanya polusi udara,” ujarnya.
Prof Fabian berharap kepada para pengambil kebijakan untuk bersama-sama menjaga, bersinergi untuk sama-sama melihat permasalahan dan memecahkan secara komunikatif demi menjaga air untuk generasi yang akan datang.
Selain Prof Fabian, tampil juga pembicara lain yakni Dirjen SDA Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia yang memaparkan bahwa kegiatan HAD dilaksanakan menyambut pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10, yang akan diselenggarakan di Bali pada Mei mendatang, sehingga tema HAD di tahun ini yakni Water for Peace (Air Untuk Perdamaian ).
Selain keduanya, tampil juga narasumber antara lain Kepala BWSS 1 Sugeng Harianto, Kepala Bapelitbangda Manado Dr Linny Tambajong, Dirut PDAM Manado Melky Taliwuna, dan akademisi Fatek Unsrat Dr Liany Hendrata.(red)