Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pemerintah Irlandia Bayar Pelancong Sebesar £69.000 untuk Tinggal di Pulau Terpencil

×

Pemerintah Irlandia Bayar Pelancong Sebesar £69.000 untuk Tinggal di Pulau Terpencil

Sebarkan artikel ini

BAGI Anda yang bosan dengan keramaian di perkotaan, ada baiknya mencoba hal baru yakni tinggal di pulau terpencil. Apalagi kalau tinggal dan mendapatkan bayaran dari pemerintah. Mau dicoba?

Ya, pemerintah Irlandia membayar orang hingga €80.000 (£69.000) untuk membeli properti di salah satu pulau lepas pantai negara itu.

Sebuah kebijakan nasional sepuluh tahun, berjudul ‘Kepulauan Hidup Kita’, diterbitkan awal bulan ini dan dirancang untuk meningkatkan populasi sejumlah pulau terpencil.

Namun, hibah yang cukup besar hanya tersedia bagi mereka yang bersedia membeli bangunan yang dibangun sebelum tahun 1993 dan telah kosong minimal selama dua tahun.

Dana itu hanya boleh digunakan untuk pekerjaan bangunan seperti pemasangan insulasi, perbaikan struktur dan renovasi.

“Saya senang meluncurkan ‘Kepulauan Hidup Kita’, yang merupakan Kebijakan Kepulauan Nasional sepuluh tahun baru kami dan yang pertama dalam 27 tahun,” ujar Menteri Pembangunan Pedesaan dan Masyarakat Republik Irlandia, Heather Humphreys, seperti dilansir di dailymail.com, Rabu (21/6/2023).

Pulau Hidup Kita’ berisi 80 tindakan yang dirancang untuk mendukung dan memberdayakan komunitas pulau kita dan orang-orang yang tinggal di sana.

“Ini semua tentang meningkatkan perumahan, akses yang lebih baik ke layanan penting dalam kesehatan dan pendidikan, memberikan broadband kecepatan tinggi, dan mengembangkan lebih lanjut fasilitas luar ruangan kami, yang pada gilirannya akan meningkatkan pariwisata dan mendukung komunitas pulau yang berkelanjutan’,” tambahnya.

Hibah ‘Pulau Hidup Kita’ merupakan perpanjangan dari yang sudah ada di Irlandia yang disebut ‘Croí Cónaithe’.

Area yang tersedia untuk dipindahkan sebagai bagian dari skema termasuk Arranmore – terletak di lepas pantai county Donegal – yang memiliki sejumlah pantai dan tebing yang indah.

Anda juga bisa pindah ke Pulau Clare – di lepas pantai County Mayo – yang memiliki populasi penduduk hanya 160 orang.

Sebuah pernyataan oleh pemerintah Irlandia mengenai kebijakan tersebut berbunyi, “Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa komunitas yang dinamis dan berkelanjutan dapat terus hidup – dan berkembang – di pulau-pulau lepas pantai selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata pemerintah.

Kebijakan tersebut juga akan berupaya untuk memperbaiki infrastruktur perumahan dan air, serta menyediakan akses yang lebih baik ke layanan penting di bidang kesehatan dan pendidikan.

Pelamar yang berhasil dapat menerima sebanyak €84.000 (£72.000) untuk mengubah properti menjadi surga pulau terpencil.

Siapa pun yang ingin mendaftar ke skema tersebut dapat melakukannya mulai Sabtu 1 Juli 2023. (red)