Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Dibuka Bupati Limi Mokodompit, Pemkab dan BSG Sosialisasikan Aplikasi Kas Online

×

Dibuka Bupati Limi Mokodompit, Pemkab dan BSG Sosialisasikan Aplikasi Kas Online

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Bank Sulut Gorontalo (BSG) melaksanakan sosialisasi aplikasi kas daerah online kepada para sangadi dan perangkat desa. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja, Senin (25/9) pagi, dibuka langsung Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati mengapresiasi dan berterima kasih kepada BSG Cabang Lolak, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bolmong, atas terselenggaranya kegiatan ini yang dinilai sangat penting dan strategis. “Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa yang lebih efektif, efisien serta transparan,” ujar Limi Mokodompit.

Bupati juga menambahkan, desa merupakan wilayah Otonom yang memiliki peran strategis dalam mengelola dan pemberdayaan serta memajukan sumber daya yang tersedia. “Baik sumber daya alam maupun manusia, yang ada akhirnya dapat menjadi spirit Otonomi bagi seluruh aparatur desa untuk memahami tata kelola pemerintahan desa. Termasuk desa dituntut harus mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya sangat besar. Sehingga pengelolaannya dengan prinsip akuntabilitas, transparansi melalui peningkatan sumberdaya dan sarana pendukung lainya, seperti memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi dalam pengelolaan keuangan desa,” tegas Limi Mokodompit.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Mendagri pada tanggal 5 Juli 2023 telah mengeluarkan surat tentang implementasi transaksi non-tunai bagi pemerintah desa sesuai peraturan KPK Nomor: 4 Tahun 2024. “Para Gubernur, Bupati dan Walikota diseluruh Indonesia dalam aturan itu diperintahkan untuk menerapkan segera transaksi non-tunai pada pemerintah desa selambat-lambatnya tanggal 1 Januari 2024,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri, Direktur Operasional BSG Manado Loisa Parengkuan bersama Pemimpin Divisi Pengembangan Bisnis Manado Nolvi Kilanta, mewakili Kepala Cabang BSG Lolak Steven Rembet. Hadir juga Kepala Badan Keuangan Daerah Seriyanto ST, Inspektur Bolmong Rio Lombone SSTP, Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Abdusalam Bonde serta para sangadi dan aparat desa. (syl)