Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Ikut Apel Siaga Nasional, Ini Pesan Wabup Palandung Terkait Stunting di Sitaro

×

Ikut Apel Siaga Nasional, Ini Pesan Wabup Palandung Terkait Stunting di Sitaro

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Sitaro, John H Palandung, sedang memberi arahan.

SITARO — Wakil Bupati Drs. John H. Palandung, MSi, mengikuti Apel Siaga Nasional, yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), secara virtual melalui zoom meeting di Media Center Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Kamis (12/5/2022).

Dalam penyampaiannya, sebelum kegiatan apel dimulai, Palandung mengatakan, permasalahan stunting merupakan salah satu bagian dari Double Burden Malnutrition (DBM) atau Beban Ganda Masalah Gizi, yang memiliki dampak sangat merugikan.

“Bukan hanya soal kesehatan, dari sisi produktivitas ekonomi juga memberi dampak negatif,” kata Palandung.

Oleh karena itu, peran maksimal Tim Pendamping Keluarga sangat diperlukan.

“Saya dan ibu Bupati akan memonitor langsung hal ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap Tim Pendamping dapat melakukan pendampingan keluarga secara berkelanjutan mulai dari calon pengantin, pasangan usia subur, masa kehamilan, masa nifas dan kepada bayi baru lahir 0 – 59 bulan.

“Jika ini dilaksanakan dengan baik dan benar, maka bukan tidak mungkin upaya percepatan penurunan angka stunting di Indonesia, lebih khusus lagi di Sitaro akan meraih hasil yang maksimal,” kuncinya.

Kegiatan ini, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sitaro, beberapa Kepala Perangkat Daerah, beserta Tim Pendamping Keluarga. (gus)