Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bandara Taman Bung Karno Siau Segera Beroperasi

×

Bandara Taman Bung Karno Siau Segera Beroperasi

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan kontrak Layanan Angkutan Udara Perintis antara PPK Bandara Djalaluddin Gorontalo dengan Direktur Semuwa Aviasi Mandiri (PT. SAM AIR).

SIAU – Bandar Udara kebanggan masyarakat Siau Tagulandag Biaro yang dinamai Taman Bung Karno di Pulau Siau, siap melayani rute angkutan perintis di wilayah yang dijuluki negeri 47 pulau itu.
“Angkutan perintis ini nanti dioperasikan oleh PT SAM AIR. Dan penerbangan dengan pesawat twin otter ini direncanakan akan dimulai Februari 2024 ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Indra Purukan saat menghadiri serta menyaksikan penandatanganan perjanjian layanan angkutan udara perintis, antara PPK Bandara Djalajudin Gorontalo dengan Direktur Semuwa Aviasi Mandiri (PT. SAM AIR).
Indra memastikan pesawat yang melayani rute Penerbangan Bandara Taman Bung Karno Siau yakni pesawat Twin Otter DHC 6-300, berkapasitas 19 kursi. “Kalau tidak ada kendala penerbangan perdana pada 19 Februari,” jelas Purukan.
Sementara itu dalam Buku Kesiapan Pelaksanaan Angkutan Udara Perintis Penumpang Korwil Gorontalo Tahun Anggaran 2024 Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, dijelaskan bahwa pesawat twin otter milik PT SAM Air akan melayani sembilan rute penerbangan.
Rute penerbangan ini terbagi dalam dua frekuensi, diantaranya rute Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Pohuwato, Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Pogogul, Bandara Djalauddin Gorontalo ke Bandara Lolak Bolaang Mongondouw, dan Bandara Pohuwato ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu, dengan frekuensi penerbangan sebanyak dua kali seminggu.
Sedangkan untuk frekuensi kedua melayani rute Bandara Sam Ratulangi ke Bandara Lolak Bolaang Mongondouw, Bandara Siau ke Bandara Sam Ratulangi, Bandara Naha Tahuna ke Siau, Bandara Naha Tahuna ke Bandara Miangas, dan Bandara Miangas ke Bandara Melonguane dengan frekuensi penerbangan satu kali seminggu.
Terkait dengan tarif dari Bandara Siau ke Bandara Sam Ratulangi Manado dipatok Rp274.190, untuk Bandara Sam Ratulangi Manado ke Bandara Siau dengan tarif Rp 361.310. Sedangkan, Bandara Siau ke Naha Tahuna pada tarif Rp207.590 dan sebaliknya dari Naha Tahuna ke Bandara Siau Rp212.590.(stg/red)