Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Sangihe Kecipratan Bantuan Alkes-Bahan Medis Dari Kemenkes

×

Sangihe Kecipratan Bantuan Alkes-Bahan Medis Dari Kemenkes

Sebarkan artikel ini

SANGIHE — Kabar gembira untuk masyarakat maupun pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Betapa tidak, sejumlah bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah disalurkan ke Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam mendukung penanganan bencana.

Hal itu dikatakan Kepada Dinas Kesehatan Daerah Kepulauan Sangihe, dr Handry Pasadaran ME saat dikonfirmasi terkait bantuan pusat krisis bencana Kemenkes RI, Selasa (24/1/ 2023).

Dijelaskan Pasandaran, awal Januari 2023 telah diterima bantuan berupa alat kesehatan dan bahan medis habis pakai bakal didistribusi bagi rumah sakit dan semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Jadi bantuan tersebut berupa bahan dan alat kesehatan yang disiapkan oleh pusat krisis Kementerian Kesehatan bagi daerah-daerah yang membutuhkan apakah rumah sakitnya maupun Puskesmas. Jadi melalui kordinasi teknis dari bidang terkait disana ada sejumlah kiriman bantuan berupa beberapa set alat kesehatan dan juga bantuan bahan medis habis pakai itu digunakan untuk disalurkan ke Puskesmas dan Rumah sakit,” ungkap Pasandaran.

Pasandaran menambahkan, untuk distribusi sekaligus penyerahan bantuan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sehingga pusat layanan kesehatan di Sangihe sudah dapat digunakan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam dan non alam.

Bantuan alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Dan nantinya bahan medis dan alat kesehatan itu akan dipakai oleh para tenaga kesehatan pada waktu memberikan pelayanan kesehatan bagi korban bencana. Apakah bencana alam atau bencana non alam dan ini sudah dibuat daftar dan berita acara, kami berupaya dalam minggu ini sudah bisa disalurkan,” pungkasnya (one)