Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Dapil Tomohon 2 Bakal Dihuni 3 PDIP, 2 Golkar, 1 Gerindra

×

Dapil Tomohon 2 Bakal Dihuni 3 PDIP, 2 Golkar, 1 Gerindra

Sebarkan artikel ini
Tomohon Selatan, Golkar, PDIP, Gerindra
Tabel hasil penghitungan dan kemungkinan peraih kursi di Dapil Tomohon 2

TOMOHON—Kendati masih dalam proses penghitungan suara di tingkat kecamatan, namun siapa yang akan memperoleh kursi di Daerah Pemilihan 2 Tomohon meliputi Kecamatan Tomohon Selatan sudah bisa diprediksi.

Data yang diperoleh media ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil menjadi jawara di Dapil yang memiliki 6 kursi dengan 3 kursi, disusul Partai Golongan Karya (Golkar) 2 kursi dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 1 kursi.

Dari lima kali pemilu yakni sejak digelar pertama kali 2004 di Kota Tomohon, baru Pemilu 2024 PDIP menang di Dapil ini. Sebelumnya didominasi oleh Partai Golkar.

Dari 6 calon anggota DPRD Kota Tomohon periode 2024-2029 di Dapil ini, 2 di antaranya merupakan incumbent, masing-masing Djemmy J Sundah SE dari Partai Golkar dan Noldy Lengkong dari PDIP. Lainnya, seperti Ferdinand Mono Turang SSos yang merupakan peraih suara terbanyak untuk PDIP sebenarnya orang lama, namun saat ini dalam posisi tidak menjabat karena terkena Penggantian Antar Waktu (PAW) akibat pindah partai dari Partai Gerindra ke PDIP.

Untuk PDIP, dari hasil penghitungan saat ini, selain Mono Turangd an Noldy Lengkong, ada srikandi new comer yakni Syalom Mokorimban. Sementara dari Partai Golkar, Djemmy J Sundah SE dan pendatang baru, yakni Gerard Jonas Lapian SE MAP yang saat ini menjabat Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon.

Kursi satunya, lagi-lagi pendatang baru dari Partai Gerindra, yakni Gerson Ali Raemah atau lebih dikenal dengan Bahar . Pengusaha ini berhasil melanjutkan tradisi kursi dari Partai Gerindra di DPRD Kota Tomohon. (red)