Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Minum Kopi Punya Efek Positif Bagi Anda? Begini Menurut Pendapat Ahli..

×

Minum Kopi Punya Efek Positif Bagi Anda? Begini Menurut Pendapat Ahli..

Sebarkan artikel ini

KABAR baik bagi Anda penikmat kopi. Terbaru, para ahli menemukan alasan lain mengapa minum kopi baik untuk Anda – dan mereka mengatakan manfaatnya ‘sangat jelas’.

Secangkir kopi sehari mungkin cukup untuk menjauhkan diri dari dokter.

Para peneliti telah menemukan penikmat kopi cenderung memiliki tekanan darah rendah dan jantung lebih sehat.

Dan manfaatnya dapat diperoleh dengan meminum hanya satu cangkir setiap pagi, klaim mereka seperti dilansir dailymail.com, Kamis (9/2/2023).

Pakar Italia menggambarkan efek positif kopi sebagai ‘sangat jelas’.

Temuan tersebut, dari penelitian terhadap lebih dari 1.500 orang, menambah bukti yang menyoroti manfaat kesehatan minuman tersebut.

Beberapa penelitian mengaitkannya dengan pengurangan risiko penyakit jantung, gagal jantung dan stroke. Sementara itu, penelitian lain melaporkannya memperpanjang hidup.

Tetapi petugas medis tetap terbagi, memperingatkan bahwa kopi dalam jumlah berlebihan – yang dikemas penuh dengan kafein – sebenarnya dapat merusak jantung.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) mengatakan lebih dari empat cangkir sehari dapat meningkatkan tekanan darah.

Namun, studi baru dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jumlah ini memiliki tekanan darah lebih rendah daripada bukan peminum.

Studi Universitas Bologna dan Rumah Sakit Universitas Bologna melibatkan 720 pria dan 783 wanita.

Para ahli membandingkan tingkat tekanan darah dengan kebiasaan konsumsi kopi para relawan.

Terdapat 220 peserta (14,6 persen) tidak minum kopi, 406 (27 persen) minum satu cangkir setiap hari, sementara 726 mengkonsumsi dua kopi setiap hari.

Sebanyak 99 relawan minum tiga cangkir, sementara 52 lainnya mengonsumsi lebih dari itu setiap hari.

Perokok aktif didistribusikan secara merata di antara subkelompok, memungkinkan para ahli untuk mengesampingkan kemungkinan penjelasan tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa tekanan darah sistolik (SBP) — angka teratas — ‘cenderung menurun’ karena jumlah cangkir yang dikonsumsi meningkat.

Mereka yang minum satu cangkir per hari mencatat SBP 1mmHg rata-rata lebih rendah daripada peminum non-kopi. Sementara orang yang mengonsumsi dua cangkir melihat SBP 5,2mmHg lebih kecil.

Para ilmuwan juga melaporkan orang yang minum tiga cangkir mencatat penurunan rata-rata SBP 5mmHg.

Secara keseluruhan, mereka yang mengonsumsi lebih dari tiga cangkir melihat SBP rata-rata 9,7 mmHg lebih kecil, dibandingkan dengan peminum non-kopi. Tetapi para peneliti tidak mengatakan ini adalah jumlah yang baik.

Tekanan darah sistolik yang ideal, yang menunjukkan berapa banyak tekanan yang diberikan darah Anda terhadap dinding arteri Anda saat jantung berdetak, adalah antara 90 hingga 120mmHg, menurut NHS.

Penurunan serupa terlihat untuk tiga jenis tekanan darah lainnya yang dipelajari.

Orang yang minum lebih dari tiga cangkir sehari mencatat penurunan tekanan nadi 6,9mmHg, tekanan darah aorta 9,5mmHg, dan tekanan nadi aorta 6,9mmHg, dibandingkan dengan peminum non-kopi.

Menurunkan tekanan darah secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan serangan jantung, serta membantu menjaga jantung dan pembuluh darah dalam kondisi baik.

Arrigo Cicero, salah seorang peneliti, berkata: ‘Hasilnya sangat jelas. Tekanan darah tepi secara signifikan lebih rendah pada individu yang mengonsumsi satu hingga tiga cangkir kopi sehari dibandingkan pada non-peminum kopi.”

“Kita tahu kafein dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi komponen bioaktif lainnya dalam kopi tampaknya mengimbangi efek ini dengan hasil akhir yang positif pada tingkat tekanan darah.”

Para peneliti mengakui bahwa konsumsi kopi dilaporkan sendiri oleh sukarelawan, jadi mungkin tidak dilaporkan, sehingga membatasi temuan.

Itu juga dinilai tanpa merinci panggang yang digunakan, metode persiapan atau apakah dikonsumsi hitam atau dengan susu atau krim.

Mereka yang minum lebih dari tiga cangkir sehari dikelompokkan bersama ‘untuk membandingkan kelompok subjek yang lebih seimbang’ karena itu adalah kategori yang relatif lebih kecil, catat para peneliti.

Tekanan darah tinggi, yang secara medis dikenal sebagai hipertensi, jarang memiliki gejala apapun – oleh karena itu julukannya adalah ‘silent killer’.

Satu-satunya cara untuk didiagnosis adalah dengan mengukur tekanan darah Anda.

Diperkirakan sekitar 14,4 juta orang di Inggris memiliki tekanan darah tinggi, atau satu dari tiga orang dewasa.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempengaruhi 45 persen orang Amerika, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Badan Keamanan Pangan Eropa mengatakan asupan harian kafein 400mg – sama dengan empat cangkir kopi – baik untuk kebanyakan orang dewasa.

Tetapi kepekaan individu terhadap kafein bervariasi. Beberapa orang dapat mentolerir enam cangkir lebih sehari dengan sangat baik, dan yang lain merasa gelisah setelah satu atau dua cangkir.

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi 200 mg kafein sehari – sekitar dua cangkir kopi instan – menurut NHS. Konsumsi kafein yang berlebihan telah dikaitkan dengan berat lahir rendah. (red)