Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Kamasaan Ikuti Rakor Paskibraka, Tahun Depan Diseleksi BPIP dan Kesbangpol Bolmong

×

Kamasaan Ikuti Rakor Paskibraka, Tahun Depan Diseleksi BPIP dan Kesbangpol Bolmong

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) akan diseleksi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). “Untuk kabupaten Bolmong akan dimulai pada 2024 mendatang,” ungkap Kepala Badan Kesbangpol Bolmong Drs Chris Kamasaan MM, usai mengikuti Rapat Koordinasi Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, 9 Februari 2023.

Menurut Kamasaan, perekrutan ini sebenarnya sudah diberlakukan tahun ini. Namun, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bolmong sudah menetapkan dana seleksi Paskibraka di Dinas Pemuda dan Olahraga. “Program ini sudah diberlakukan tahun ini di seluruh pemerintahan kabupaten dan kota se Indonesia. Namun penataan dana seleksi dalam APBD sudah ditetapkan di Dinas Pemuda dan Olahraga pada tahun lalu,” jelas Kamasaan.

Kamasaan juga menjelaskan, nantinya dalam perekrutan akan dilaksanakan secara online. Nantinya, para calon peserta harus mendaftar dalam aplikasi rekrutmen Paskibraka. “Jadi rekrutmen dilaksanakan secara online,” terang Kamasaan.

Ditambahkan Kamasaan, nantinya dalam pelatihan Paskibraka, tidak hanya diberikan pelatihan fisik dan tatacara pengibaran bendera namun diberikan juga materi tentang pendalaman ideologi Pancasila. “Setelah selesai melaksanakan tugas pengibaran bendera, anggota Paskibraka akan menjadi duta Pancasila,” tutupnya. (adv)