Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Resmikan Posko Damkar, Bupati Kumendong Harapkan Bisa Berikan Respon Cepat Bencana Kebakaran

×

Resmikan Posko Damkar, Bupati Kumendong Harapkan Bisa Berikan Respon Cepat Bencana Kebakaran

Sebarkan artikel ini

KAKAS – Bupati Minahasa Dr Jemmy Stany Kumendong meresmikan Posko Pemadam Kebakaran di Desa Paslaten, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Jumat (19/1/2024). Posko ini diharapkan dapat memberikan respons cepat dan efektif dalam penanggulangan kebakaran di wilayah tersebut.
Dalam laporannya, Kadis Damkar Minahasa Drs Jhon Kapoh mengatakan posko ini akan mencakup wilayah Kakas Raya, Langowan, Eris. Selain itu akan ada satu armada Damkar yang siaga sert empat petugas yang piket 1X24 jam.
Sementara Bupati Kumendong mengatakan hal ini sebagai langkah yang sangat baik dari Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kebakaran.
“Posko pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam memberikan respons cepat dan efektif dalam penanganan kebakaran,” ujar Kumendong.
Lebih lanjut Kumendong menjelaskan, dengan adanya posko pemadam kebakaran yang resmi, diharapkan akan ada peningkatan koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah, pemadam kebakaran, dan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat kebakaran. Posko pemadam kebakaran juga dapat menjadi pusat komando dalam mengatur dan mengkoordinasikan upaya penanggulangan kebakaran serta memberikan layanan darurat kepada masyarakat.
“Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisir dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan bencana kebakaran dan melindungi kehidupan serta harta benda masyarakat,” terang Kumendong.
Menurut Kumendong, tujuan dibangunnya posko pemadam kebakaran adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kebakaran. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari pembangunan posko pemadam kebakaran.
Pertama, Respons Cepat: ini sebagai posko pemadam kebakaran berfungsi sebagai pusat komando dan koordinasi dalam memberikan respons cepat terhadap kebakaran. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terdekat dengan wilayah yang rentan terhadap kebakaran, tim pemadam kebakaran dapat segera merespon dan tiba di lokasi kebakaran dengan cepat.
Kedua, Koordinasi dan Komunikasi: Posko pemadam kebakaran menjadi pusat koordinasi dan komunikasi antara tim pemadam kebakaran, pihak berwenang, dan masyarakat. Koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan kebakaran dan mengurangi kerugian yang ditimbulkan.
Ketiga, Penyediaan Sumber Daya: Posko pemadam kebakaran juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan dan sumber daya yang diperlukan dalam penanggulangan kebakaran, seperti alat pemadam api, tangga, pompa air, dan peralatan keamanan lainnya. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisir dengan baik, sumber daya tersebut dapat dengan mudah diakses dan digunakan saat diperlukan.
Keempat, Edukasi dan Pencegahan: Selain tanggap dalam penanggulangan kebakaran, posko pemadam kebakaran juga dapat digunakan untuk kegiatan edukasi dan pencegahan kebakaran. Tim pemadam kebakaran dapat memberikan pelatihan tentang keselamatan kebakaran kepada masyarakat, termasuk cara mencegah kebakaran dan tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat.
Dengan tujuan-tujuan ini, pembangunan posko pemadam kebakaran diharapkan dapat meningkatkan keselamatan masyarakat dan mengurangi kerugian akibat kebakaran.
“Namun kita semua berharap agar dijauhkan dari bencana kebakaran. Juga saya yakin masyarakat Paslaten Kakas merupakan masyarakat yang humanis sehingga dapat berbaur dengan petugas yang ada di posko Damkar. Untuk petugas harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah serta aparat kepolisian guna sinergitas,” pungkas Kumendong. (ADV)