Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
KesehatanUnik

Inilah Cara Meredakan Mata Kering

27
×

Inilah Cara Meredakan Mata Kering

Sebarkan artikel ini

SEBANYAK satu dari empat orang memiliki mata kering. Tetapi banyak yang mungkin tidak menyadarinya, karena gejala yang menyebabkannya dapat membingungkan.

Sebagian besar karena secara paradoks, mata kering kadang-kadang mengalir dengan air mata. Air mata ini adalah cara mata mengkompensasi kekeringan.

Biasanya, ada lapisan air mata yang menyebar di permukaan mata setiap kali kita berkedip. Ini memberikan penutup pelindung, memungkinkan kelopak mata untuk membuka dan menutup dengan nyaman. Ini juga memiliki sifat penyembuhan.

Film air mata terdiri dari lapisan dalam lendir, lapisan tengah berair dan lapisan luar berminyak yang mencegah lapisan berair menguap terlalu cepat.

Namun, karena berbagai alasan, seperti usia atau perubahan hormonal yang berkaitan dengan menopause, misalnya, kelenjar meibom yang melapisi kelopak mata dan menghasilkan sekresi berminyak menjadi kurang produktif – dan minyak apa pun yang diproduksi menjadi kurang efektif.

Ini berarti lapisan berair dibiarkan tidak terlindungi, sehingga menguap atau keluar sebagai air mata, membuat mata terasa kering, berpasir dan perih.

Menggunakan obat tetes mata pelumas akan membantu. Anda mengatakan dalam surat Anda yang lebih panjang bahwa Anda menggunakan sodium hyaluronate, tetapi ini mengobati gejalanya dan bukan obatnya.

Hasil terbaik datang dari kebersihan tutup yang cermat dan teratur. Ini melibatkan penerapan panas ke kelopak mata untuk melunakkan sekresi minyak lengket yang mungkin menyumbat saluran keluar dari kelenjar meibom. Lakukan ini selama empat sampai lima menit.

Anda juga perlu memberikan sedikit tekanan pada area tersebut, dengan memijat di sepanjang tepi tutup dengan cotton bud. Usap sepanjang tepi luar setiap kelopak mata setelah perlakuan panas – tiga hingga empat sapuan di setiap kelopak bawah. Ini bekerja lebih baik lagi jika Anda mencelupkan cotton bud ke dalam sampo bayi.

Cara terbaik untuk memberikan panas adalah dengan kompres panas – misalnya, kain flanel diperas setelah direndam dalam air panas. Anda juga dapat membeli kompres mata yang mengandung gandum, yang dihangatkan dalam microwave (hati-hati ikuti petunjuknya).

Saya juga telah bereksperimen dengan tongkat mata, alat penghangat kelopak mata yang bergetar. Ini sudah tersedia secara online, meskipun harganya bisa mencapai £ 60,” kata Dr Martin Scurr, seperti dilansir di dailymail.com, Selasa (14/3/2023).

Jika Anda terbiasa menggunakan kompres dan memijat setiap hari, Anda mungkin menemukan bahwa tetes mata pelumas hanya diperlukan sesekali.

Salah satu pertimbangan lain adalah bahwa penggunaan laptop dan layar lain dalam waktu lama tampaknya menyebabkan berkurangnya kedipan, dan ini mengganggu penyebaran normal lapisan air mata ke seluruh mata. Jadi pastikan Anda memiliki jeda layar setiap jam jika ini berlaku untuk Anda.

“Saya berharap rejimen ini akan mengarah pada perbaikan dalam beberapa minggu.” (red)