Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Terima Penghargaan UHC dari Wapres, Kepesertaan JKN Capai 95 Persen

×

Gubernur Olly Terima Penghargaan UHC dari Wapres, Kepesertaan JKN Capai 95 Persen

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Hasil kerja keras Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dalam cakupan jaminan kesehatan di Provinsi Sulut mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Buktinya, Gubernur Olly menerima langsung penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Diketahui, UHC Award diberikan kepada pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dibanding total penduduk.

Selain itu, item yang dinilai adalah Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan di Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah.

Gubernur Olly, bersama 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia menerima apresiasi yang sama.

Sementara itu, Wapres meminta seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, untuk berperan aktif mendaftarkan warganya tergabung dalam program JKN.

“Pemerintah daerah saya minta dapat mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia, dan masyarakat terlantar,” tegas Wapres.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, selain aktif mendaftarkan, pemerintah daerah juga harus aktif dalam memastikan seluruh pemberi kerja di wilayahnya untuk mendaftarkan para pekerja dan anggota keluarganya.

“Tanpa terkecuali. Serta mendorong penduduk pekerja informal yang mampu secara finansial untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya dalam program JKN,” imbuh Wapres. (red)