Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bupati Tamuntuan Serahkan Bantuan Keluarga Terdampak Bencana di Nanedakele

×

Bupati Tamuntuan Serahkan Bantuan Keluarga Terdampak Bencana di Nanedakele

Sebarkan artikel ini

SANGIHE – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyerahkan bantuan kepada sembilan anggota keluarga yang terdampak bencana alam gelombang pasang, di Kampung Nanedakele Kecamatan Nusa Tabukan, Kamis (16/3/2023).

Bantuan yang diserahkan berupa sembako, kursi roda, terpal, matras, selimut dan gerobak.

Tamuntuan menyampaikan, bahwa semua masyarakat tidak menginginkan bencana ini. Namun kalau sudah terjadi tentunya pemerintah juga hadir bersama-sama dengan masyarakat. Seperti pada waktu lalu juga sudah turun bantuan dalam keadaan darurat.

“Sesuai dengan laporan yang kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi yang langsung ditindaklanjuti, sehingga pada saat ini dapat diberikan bantuan dari Pemerintah Pusat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ungkap Tamuntuan.

Lanjutnya, untuk masyarakat yang belum mempunyai BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan khusus perangkat kampung, untuk segera membuat karena sangat membantu ke depannya.

“Untuk BPJS Ketenagakerjaan tentunya sangat membantu jika ada keluarga yang ditinggalkan, dan untuk BPJS Kesehatan juga harus dimiliki. Apalagi pemerintah juga menyiapkan anggaran untuk peserta BPJS yang dulu mandiri, kalau sudah tidak sanggup untuk membayar cicilan tentunya bisa dianggarkan lewat tanggungan dari pemerintah,” ujar Bupati Perempuan Pertama di Sangihe ini.

Dia menambahkan, pihaknya sudah berupaya ke Kementerian Sosial supaya anggaran untuk BPJS Kesehatan ini lewat Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat diproses.

“Saya sudah bermohon tapi semua itu ada waktunya untuk berproses. Kita juga berdoa agar semua hal ini bisa ditindaklanjuti oleh Kementerian Sosial, mengingat juga anggarannya yang cukup besar dan khusus untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah menjadi tanggung jawab saya untuk tetap membantu,” tambahnya.

Tamuntuan pula mengimbau semua Kapitalaung jika terjadi bencana alam, langsung segera mendata keluarga yang terkena dampak bencana, agar pemberian bantuan tepat sasaran.

“Karena ada program pemerintah pusat yaitu rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah. Dan semua ini tinggal tunggu berproses,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wandu Labesi dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan penyerahan kepada sembilan anggota keluarga yang terkena dampak bencana alam yang terjadi pada 11 Januari 2023 ini lewat perjuangan ibu Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

“Dengan anggaran 250 juta untuk logistik, dan 500 juta biaya operasional pemulihan tanggap darurat. Saat ini dari dana 250 juta yang pengadaannya langsung dri BPBD ini akan diserahkan kepada warga penerima bantuan, jadi sungguh luar biasa untuk perjuangan dari Ibu Pj Bupati,” kata Labesi.

Dia juga berharap agar seluruh masyarakat dapat mendukung perjuangan pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dalam menyelesaikan berbagai persoalan termasuk kondisi pada saat terjadi bencana alam di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sementara itu, Camat Nusa Tabukan, Deny Abram menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan, di tengah jadwal yang padat masih berkenan hadir dalam rangka penyerahan bantuan bersama BPBD.

“Kami ucapkan banyak terima kasih untuk perjuangan dan perhatiannya kepada masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan,” tutup Abram.

Turuh hadir dalam kegiatan Anggota DPRD Deny Roy Tampi, Kapitalaung Husen Mahengkeng, Sekretaris kampung Nehemia Lalo, Babinsa Nanedakele Serma Elvis Maradung, dan para staf khusus. (one)