Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Inilah Langkah Penting untuk Perawatan Ponsel

×

Inilah Langkah Penting untuk Perawatan Ponsel

Sebarkan artikel ini

 

KEBERSIHAN ponsel membuat pengguna terhindar dari masalah kesehatan.

Sementara lebih dari 93% rumah tangga di Inggris melakukan pembersihan musim semi besar-besaran setiap tahun, ponsel pintar kita sering diabaikan perawatan yang diperlukan.

Untuk memastikan elektronik Anda tetap bersih dan dalam kondisi terbaik, Amrit Chatha, pakar seluler di Mobiles.co.uk telah menjelaskan dasar-dasar untuk memastikan Anda dapat melakukan pembersihan menyeluruh pada perangkat seluler Anda.

Beginilah empat langkah perawatan penting bersihkan ponsel Anda menurut pakar seperti dilansir di dailymail.com, Sabtu (18/3/2023).

1. Buat layar berkilau

Amrit menjelaskan tisu alkohol adalah pilihan paling aman untuk membersihkan bagian luar handset Anda. Sabun lembut juga dapat digunakan dengan kain mikrofiber agar layar tidak tergores, tetapi pastikan untuk mencelupkan kain ke dalam produk daripada menyemprotkan larutan pembersih apa pun langsung ke layar.

“Saat membersihkan layar Anda dengan produk apa pun, hindari bukaan seperti port pengisian daya karena akan rusak oleh cairan. Setelah dibersihkan, biarkan mengering.”

2. Menggali port pengisian daya

Port pengisian daya sering kali mengumpulkan debu dan kotoran yang dapat menyebabkan kesulitan mengisi daya ponsel Anda. Penting untuk menghindari penggunaan cairan, logam, atau benda tajam apa pun saat membersihkan port pengisian daya karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras internal.

“Sebaliknya, gunakan benda yang lembut dan kering seperti cotton bud, handuk kertas atau tusuk gigi untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk, gunakan gerakan menyapu yang lembut.”

3. Bersihkan kamera

Kamera adalah bagian ponsel yang sensitif sehingga juga memerlukan perawatan khusus, tetapi seperti bagian ponsel lainnya, kamera dapat kotor dan memengaruhi kualitas gambar Anda. Untuk ini, Anda dapat menggunakan sikat kamera yang lembut untuk menyapu debu dari lensa dan menghindari goresan.

“Jika kamera Anda sangat kotor, aman untuk menggunakan lap lensa, diikuti dengan kain mikrofiber untuk menghilangkan noda yang tersisa.”

4. Jangan melewatkan casing pelindung

Casing ponsel adalah langkah termudah dalam proses pembersihan karena Anda tidak perlu khawatir dengan kerusakan elektronik apa pun. Sebagian besar casing ponsel dapat dibersihkan dengan lap atau air sabun dan dibiarkan kering dengan sendirinya. Gunakan sikat kecil seperti sikat gigi untuk masuk ke sudut dan menghilangkan kotoran yang menumpuk.

“Pastikan untuk tidak meletakkan penutup telepon kembali ke telepon sampai benar-benar kering, agar tidak ada air yang meresap ke dalam bukaan handset.” (red)