Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Bagikan 10 Ton Beras Gratis Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga

×

Gubernur Olly Bagikan 10 Ton Beras Gratis Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga

Sebarkan artikel ini

MANADO — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) membagikan 10 ton beras gratis untuk mengantisipasi adanya gejolak harga dan kestabilan stok pangan.

Pembagian beras langsung dilakukan Gubernur Olly Dondokambey kepada masyarakat di Kelurahan Ketang Baru dan Ternate Baru, Senin (20/03/2023).

Kegiatan itu diramaikan dengan bazar pangan murah, dalam rangkaian gebyar Ramadan.

“Kita bersyukur karena bisa bersama-sama dalam gerakan pangan murah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan,” ujarnya.

Lanjut Gubernur Olly, seperti ini akan lanjutkan terus di sejumlah tempat. Terutama untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

“Terutama saat menyambut ramadan. Ini merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat,” katanya.

Dia pula menyatakan, langkah pemerintah untuk menjaga gejolak harga pasar adalah sangat penting, yakni untuk menjaga level inflasi.

“Gerakan pangan murah, akan dilaksanakan di tiga titik di Kota Manado. Antara lain di Kampung Islam yang akan dilangsungkan pada Selasa (21/03/2023),” kata Gubernur Olly.

Salah satu masyarakat yang menerima bantuan beras menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih kepada Pak Gubenur Ollybyang telah memberikan beras gratis. Bantuan ini sangat membantu kami, apalagi sebentar lagi menghadapi bulan suci Ramadhan,” ujar Murni warga Ternate Baru.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Praseno Hadi melaporkan, sebelumnya Pemprov Sulut telah membuka kios pangan yang ada di Pomorow.

“Upaya ini, untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Di mana untuk suksesnga acara Pemprov Sulut turut menggandeng PHBI,” tuturnya.

“Untuk stok beras yang disediakan, Pemprov Sulut menyiapkan 15 ton beras dengan harga Rp9 ribu per kilogram. Berbeda dengan harga pasar yang dijual hingga Rp13 ribu per kilogram. Demikian juga dengan tepung terigu, gula pasir, minyak, mentega, bawang merah, bawang putih dan telur di jual murah untuk membantu masyarakat,” imbuhnya.

Gerakan Pangan Murah dilaksanakan Dinas Pangan Sulut kerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Sulut.

Turut Hadir Sekprov Steve Kepel, Deputi Kepala Perwakilan Divisi Perumusan dan Implementasi Kekda Bank Indonesia Sulut, Fernando Butarbutar, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Praseno Hadi dan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Fransiskus Manumpil serta masyarakat. (red)

Daftar Harga Pangan Murah:

Beras Medium 5 Kg Rp 45.000

Beras Premium 5 Kg Rp 64.000

Bawang Merah Rp 33.000/kilogram

Bawang Putih Rp 35.000/kilogram

Gula Pasir Rp 13.200/kilogram

Minyak Goreng Rp 27.000/2 liter

Telur Ayam Rp 48.000/baki

Tepung Terigu Rp 12.500/kilogram

Daging Ayan Rp 30.000/kilogram

Mentega 200 gram Rp 9.000