Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Masa Jabatan Rinny dan Limi Diperpanjang, Wagub Steven Kandouw Ingatkan Stabilitas Tahun Politik

×

Masa Jabatan Rinny dan Limi Diperpanjang, Wagub Steven Kandouw Ingatkan Stabilitas Tahun Politik

Sebarkan artikel ini

MANADO — Masa jabatan Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan dan Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit secara resmi diperpanjang setahun.

Hal itu berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1196 tahun 2023 dan Nomor 100.2.1.3-1197 tahun 2023 tentang perpanjangan masa jabatan Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara dan Penjabat Bupati Bolmong yang diteken Mendagri Tito Karnavian dengan masa jabatan paling lama setahun.

Menurut Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw pada prinsipnya jabatan keduanya telah melalui tahapan evaluasi. Baik di tingkat provinsi hingga di Kemendagri.

“Dari tahun lalu, maksimal satu tahun jabatan penjabat sudah dievaluasi dari provinsi sampai Kemendagri,” katanya pada prosesi penyerahan perpanjangan jabatan yang dilaksanakan di aula CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Selasa (23/05/2023).

Selain itu, kata Wagub Steven Kandouw kalau melihat daerah lain setelah dilakukan evaluasi tidak lagi diperpanjang.

“Bahkan sampai di tingkat gubernur tidak diperpanjang lagi,” jelasnya.

Kalau Rinny dan Limi, katanya, artinya kembali dipercaya itu menjadi bukti keduanya sudah menjalankan pemerintahan dengan baik.

“Berarti Rinny dan Limi sudah menjalankan pemerintahan dengan ketentuan yang disyaratkan Mendagri,” tuturnya.

Menjelang tahun politik di 2024 mendatang, Wagub Steven Kandouw juga mengingatkan keduanya untuk menjaga stabilitas keamanan.

“Jagalah kehidupan masyarakat dan pembangunan. Apalagi menghadapi agenda politik yang akan diikuti riak-riak masyarakat,” katanya sembari berharap Kabupaten Sangihe dan Bolmong tetap kondusif.

“Bersama komponen masyarakat kiranya penjabat tetap melakukan koordinasi dengan provinsi bahkan sampai di tingkat vertikal bersama Forkopimda, untuk pemerintahan yang stabil,” sambungnya.

Penjabat Bupati Sangihe, Rinny Tamuntuan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat sampai provinsi yang telah memberikan kepercayaan.

“Mendapat kepercayaan ini, pertama saya berterima kasih kepada Tuhan, karena diberikan kesehatan dan kekuatan. Terima kasih kepada Pak Presiden dan Mendagri serta pimpinan di provinsi untuk lanjut sebagai penjabat di Kabupaten Sangihe,” ujarnya.

“Terima kasih juga untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sangihe. Saya akan melanjutkan pembanguan dan tugas saya sebagai penjabat,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Limi Mokodompit. Katanya, dia siap melakukan koordinasi untuk menjaga Kamtibmas di tahun politik 2024.

“Keamanan dan ketertiban agar Bolmong damai adalah nomor satu. Selanjutnya melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (red)