Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Meriah, Upacara HUT ke-59 Provinsi Sulut Diwarnai Atraksi Udara

×

Meriah, Upacara HUT ke-59 Provinsi Sulut Diwarnai Atraksi Udara

Sebarkan artikel ini

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih kepada warga Bumi Nyiur Melambai karena ikut bekerja sama membangun daerah.

Hal ini disampaikan Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT Ke-59 Provinsi Sulut yang dipusatkan di Kawasan Megamas, Kota Manado, Sabtu (23/9/2023).

Gubernur Olly dalam amanatnya mengingatkan semua orang bahwa perjalanan Sulut sebagai provinsi masih jauh dalam mewujudkan cita-cita para pendahulu.

Ia mengajak semua elemen masyarakat Sulut untuk menjadikan momen peringatan HUT sebagai ajang introspeksi dan semangat membangun daerah.

“Terima kasih masyarakat, mari kita gotong royong jadikan Sulut lebih maju,” ungkapnya.

Gubernur Olly juga berterima kasih kepada TNI Angkatan Udara (AU) dan TNI Angkatan Laut (AU) yang ikut berpartisipasi menyukseskan acara HUT Ke-59 Provinsi Sulut.

“Saya mengapresiasi, khususnya kepada TNI, terutama TNI Angkatan Laut, yang sudah berpartisipasi dan berhasil mensukseskan peringatan HUT Provinsi Sulawesi Utara. Tantangan ke depan semakin besar. Mari terus bergotong-royong dan bekerja keras untuk menjadikan Sulut lebih maju,” ungkapnya.

Kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menerima tanda kehormatan dari TNI AL atas dedikasi keduanya dalam pembangunan kelautan dan kemaritiman serta sinergitas.

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Yayan Sifiyan menyematkan langsung Brivet Kehormatan kepada OD-SK.

Puncak peringatan HUT Provinsi ini juga diwarnai manuver pesawat tempur, aksi terjung payung, marching band hingga parade kapal layar yang menjadi tontonan menarik.

Terlihat masyarakat yang hadir sangat terpukau dengan kemahiran para penerbang TNI AL dari Skuadron 200 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Para penerbang ini mempertontonkan aksi pesawat Bonanza G-36 yang bermanuver agresif di atas Kota Manado, sontak saja aksi tersebut disambut dengan gemuruh tepuk tangan penonton.

Selain demonstrasi udara, puluhan penerjun Prajurit TNI AL dari Komando Pasukan Katak dan Batalyon Intai Amfibi Marinir melayang-layang di udara menunjukkan kebolehannya terjun free fall dengan membawa bendera TN AL dan Bendera Merah Putih.

Tidak ketinggalan Prajurit Marinir TNI AL menunjukkan keterampilan kolone senapan yang merupakan olah gerak kombinasi kekompakan, dan keindahan antara baris berbaris serta memainkan senjata dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Manado.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang hadir mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangganya dapat menunjukkan sebagian kekuatan TNI AL dihadapan Masyarakat Kota Manado pada HUT Sulawesi Utara.

“TNI AL mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun pada Provinsi Sulawesi Utara yang ke-59 tahun, semoga sinergitas yang terjalin antara TNI AL, TNI serta Pemerintah Provinsi yang telah terjalin dengan baik, akan terus semakin meningkat,” kata Wakasal.

Hadir dalam kegiatan ini, yakni Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen, Sekprov Sulut Steve Kepel, Forkopimda Sulut, Ketua dan Sekretaris TP-PKK Sulut Rita Tamuntuan dan dr Kartika Devi Tanos, pejabat Pemprov Sulut, Bupati/Wali Kota se-Sulut, serta tamu undangan lainnya.(adv/dkips)