Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Puan Apresiasi DNS, Dorong Optimalkan Semua Potensi di Sulut

×

Puan Apresiasi DNS, Dorong Optimalkan Semua Potensi di Sulut

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Perhelatan Discover North Sulawesi (DNS) resmi berakhir setelah sebulan berlangsung di Back Yard Hotel Borobudur Jakarta. Ketua DPR RI Puan Maharani berkenan menutup langsung kegiatan yang mengusung tema “North Sulawesi and Beyond Love Diversity Live in Harmony” ini, Jumat (29/09/2023) sore.
Puan Maharani dalam sambutannya mengaku kagum melihat pelaksanaan Discover North Sulawesi yang merupakan upaya Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) mengenalkan Sulut serta menarik investor.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena mempromosikan beragam potensi daerah Sulawesi Utara. Ini harus dicontohi provinsi-provinsi lain di Republik Indonesia,” ungkap Puan Maharani.
Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) ini mengatakan sering berkunjung ke Sulut.
“Datang ke Sulawesi Utara seperti saya pulang ke rumah. Orang-orangnya sangat ramah. Makanannya enak-enak, toleransinya sangat hebat dan seni budayanya sangat Indonesia,” kata Puan dalam sambutannya.
Puan juga menambahkan bahwa Sulut memiliki banyak potensi pariwisata yang harus didorong.
“Makanya kegiatan pameran seperti ini sangat baik untuk memajukan berbagai potensi, khusunya pariwisata, di Sulut,” tukasnya.
Sebelumnya Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih kepada Puan Maharani dan tamu undangan yang hadir di Closing Pameran Discover North Sulawesi tersebut. Olly mengatakan berbagai potensi daerah telah dipromosikan dalam pameran Discover North Sulawesi yang dilaksanakan sejak 1 September 2023 itu.
“Agenda ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Ke-59 Provinsi Sulut,” ungkapnya.
Gubernur Sulut dua periode ini menuturkan kehadiran Puan Maharani menandakan perhatiannya untuk Sulut. Bahkan, Olly menambahkan, perhatian Ketua DPR RI itu sudah sejak beberapa waktu lalu. Seperti saat banjir bandang menerjang Kota Manado dan sekitarnya tahun 2014, Puan yang saat itu sebagai Menko PMK langsung turun membawa bantuan kepada para korban terdampak bencana.
Tak itu saja, Gubernur menambahkan, Puan Maharani juga yang mendorong percepatan pembangunan Bendungan Kuwil yang telah direncanakan Pemprov Sulut untuk meminimalisir terjadinya banjir.
“Mbak Puan langsung mendorong Bendungan Kuwil secepatnya dibangun. Dan kita sudah merasakan manfaatnya. Ada hujan deras sudah tidak banjir,” ujar Olly.
Gubernur juga menyatakan atas nama masyarakat Sulut menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat sehingga banyak program yang direncanakan bisa terlaksana dengan sukses.
“Kami berterima kasih kegiatan Provinsi Sulut terus disupport pemerintah pusat,” ujarnya.
Selanjutnya Gubernur juga mengajak tamu undangan Discover North Sulawesi untuk dapat hadir di kejuaraan internasional Ski Air di Danau Tondano pada bulan November 2023 mendatang.
“Kami mengajak warga Sulawesi Utara untuk menyaksikan kejuaraan dunia Ski Air di Danau Tondano,” ajaknya.
Hadir pada penutupan Discover North Sulawesi antara lain Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP PKK Sulut, Rita Tamuntuan, Sekretaris PKK dr Kartika Devi Tanos, Sekprov Sulut Steve Kepel, bupati/wali kota di Sulut, Ketua Kadin Sulut Rio Dondokambey, serta warga Kawanua yang bermukim di Jakarta.(adv/dkips)