Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Antisipasi Bencana Angin Kencang, Aparat Kecamatan dan Kampung Diminta Proaktif

×

Antisipasi Bencana Angin Kencang, Aparat Kecamatan dan Kampung Diminta Proaktif

Sebarkan artikel ini
Joi Oroh

SIAU – Dalam upaya mengantisipasi potensi bencana akibat angin kencang, Aparat Pemerintah Kecamatan dan kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan proaktif dalam memantau wilayah mereka.
Menyusul cuaca ekstrem yang semakin sering terjadi akibat perubahan iklim global, Pj Bupati Sitaro, Joi EB Oroh mengimbau agar semua pihak terutama aparat pemerintah setempat lebih waspada terhadap potensi bencana angin kencang.
“Bencana alam seperti angin kencang dapat menimbulkan kerugian besar, baik secara materi maupun korban jiwa. Oleh karena itu, kami menghimbau agar aparat pemerintah kecamatan dan kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro proaktif dalam memantau wilayah mereka dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat,” ungkapnya.
Peningkatan kewaspadaan dan koordinasi antarinstansi diharapkan dapat meminimalisir dampak buruk yang mungkin terjadi akibat angin kencang.
“Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di tempat terbuka atau di sekitar pohon yang rawan tumbang saat kondisi cuaca tidak menentu,” harapnya.
Dia juga mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan baik, seperti menata barang-barang di sekitar rumah agar tidak terbawa angin kencang, dan mengikuti petunjuk dari aparat terkait dalam situasi darurat.
“Dengan langkah proaktif ini, diharapkan Kabupaten Kepulauan Sitaro dapat mengurangi risiko dan dampak bencana angin kencang serta melindungi keselamatan dan keamanan masyarakat secara maksimal,” ujarnya lagi.(red/stg)