Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

5 Februari, Upacara Tulude di Kota Manado

×

5 Februari, Upacara Tulude di Kota Manado

Sebarkan artikel ini

Gomanado, Manado – Pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST), 5 Februari 2020, di lapangan Sparta Tikala Manado, akan menggelar upacara adat Tulude.

Upacara adat Tulude ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Manado Fiesta 2020. Menurut Wali Kota G.S Vicky Lumentut, hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Manado, dalam melestarikan seni dan budaya di Kota Manado.

Lanjut Lumentut, budaya Nusa Utara ini ikut memperkaya budaya di Kota Manado yang begitu plural dan toleran. “Karena itu, saya mengajak masyarakat Kota Manado untuk menjaga budaya kita, termasuk adat dan budaya asal Nusa Utara.” ujar wali kota.

“Saya mengundang semua warga Manado asal Nusa Utara untuk bersama-sama hadir dalam upacara adat Tulude ini,”tambah wali kota.

Sementara Ketua Panitia Upacara Adat Tulude Kota Manado 2020, Pontowuisang Kakauhe menjelaskan, untuk prosesi arak-arakan kue Tamo Adat Tulude rencanannya nanti dimulai dari Gereja GMIM Sentrum Manado, diarak melewati pusat kota sampai lapangan Sparta Tikala.

“Dalam arak-arakkan nanti akan dimeriahkan dengan pagelaran seni dan budaya, baik itu masamper, tarian gunde, barongsai dan qasidah serta atraksi seni dan budaya lainnya yang akan disiapkan oleh panitia penyelenggara,”ungkapnya. (*)