Bappeda Sulut Rumuskan Kerangka Ekonomi Makro Daerah

MANADO – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah, Selasa (21/06/2022), di Manado. Bimtek ini bertujuan untuk menyusun indikator makro ekonomi daerah dalam rangka merumuskan kebijakan pembangunan daerah tahun depan.

Bimtek ini menampilkan 3 narasumber: Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Kementerian PPN/Bappenas Eka Chandra Buana SE MA, Kepala Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat, dan Kepala BPS Sulut Asim Saputra. Hadir juga 7 orang fasilitator dari Bappenas.

Kepala Bappeda Sulut Ir Jenny Karouw MSi dalam sambutan sekaligus laporan menyebutkan penyusunan rancangan kerangka ekonomi makro menjadi sangat penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan nasional/daerah, terutama yang tercermin dari indikator makro.

“Kita bisa lihat dari angka pertumbuhan ekonomi, laju inflasi termasuk pertumbuhan sektoral seperti pertanian, industri, dan lainnya,” kata Karouw.

Dilaporkan juga bahwa saat ini Pemprov Sulut sedang merumuskan penetapan target indikator makro yang melibatkan BPS, BI, akademisi, dan unsur perangkat daerah teknis.

“Hasil perumusan ini sangat penting menjadi acuan untuk menetapkan target indikator pembangunan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan,” kata Karouw.

Dalam Bimtek ini menghadirkan peserta dari instansi teknis terkait di Pemprov Sulut antara lain, Bappeda, Bapenda, BKAD, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.