Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Serba 7 Jadi Andalan Pariwisata Kota Tomohon, Apa Itu?

×

Serba 7 Jadi Andalan Pariwisata Kota Tomohon, Apa Itu?

Sebarkan artikel ini
Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara
Gunung Lokon menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Tomohon

KOTA Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) selain masih mengandalkan pertanian, kini mengandalkan pariwisata. Keindahan alam dengan potensi yang dimiliki menjadi jaminan menuju Kota Wisata Dunia.

Menariknya, dalam mengandalkan pariwisata, Kota Tomohon memiliki potensi yang terbilang unik.

Apa itu? Ternyata di Kota Tomohon memiliki 7 gunung yang menjadi andalan. Ke-7 gunung tersebut adalah Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Gunung Empung, Gunung Tatawiran, Gunung Tampusu, Gunung Masarang dan Gunung Kasuratan.

Gunung Lokon dan Gunung Mahawu kini menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi. Gunung Masarang merupakan gunung memiliki hutan lindung yang menjadi persediaan air bagi masyarakat Kota Tomohon.

Potensi wisata lainnya adalah 7 danau, masing-masing Danau Linow, Danau Tampusu, Danau Limaney Pangolombian, Danau Linow Oki, Danau Masarang Oki, Danau Zano Zemdem serta Danau Sineleyan.

Danau Linow, Tomohon, pariwisata
Danau Linow di Kota Tomohon terkenal dengan airnya yang berwarna-warni

Danau Linow yang dikenal dengan airnya yang berwarna-warni  menjadi salah satu primadona dan telah mendunia karena banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Kemudian 7 air terjun, yakni Air Terjun Tumimperas Pinaras, Air Terjun Mahlimbukar, Air Terjun Kandera Watu, Air Terjun Tapahan Telu, Air Terjun Sariouw, Air Terjun Kinapesutan dan Air Terjun Ranowawa.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh SSos mengatakan, Pemkot Tomohon terus berupaya menggali potensi wisata untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

”Tomohon memang memiliki keindahan alam. Dan sudah banyak yang dimanfaatkan. Masih banyak lagi yang yerus diupayakan untuk dikembangkan,” kata Masna. (red)