Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

PLN Siapkan 3,4 MW Dukung Program Elektrifikasi Pelindo

×

PLN Siapkan 3,4 MW Dukung Program Elektrifikasi Pelindo

Sebarkan artikel ini

General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki menyambut kunjungan jajaran Pelindo Regional 4 yang dipimpin Debby Duakaju selaku Division Head Teknik Regional 4 untuk berdiskusi terkait Program Elektrifikasi Pelindo Regional 4 dalam memenuhi peran untuk mendukung kampanye penurunan emisi karbon di Indonesia.

Hal ini juga menjadi gerakan lanjutan atas kolaborasi yang sudah terjalin lama antara PLN UIW Suluttenggo dan Pelindo Regonal 4.

Selain menjadi kampanye transisi energi bersih dan ramah lingkungan bagi operasional Pelindo Regional 4, agenda pertemuan ini juga akan sangat memberikan benefit khususnya dari sisi penurunan biaya operasional Pelindo Regional 4. Program elektrifikasi ini akan sangat me-reformasi suplai energi dalam seluruh rantai operasional, antara lain RTG, alat angkut peti kemas, mobilisasi non-cargo, hingga pengelolaan limbah off-site.

Hal ini disampaikan langsung oleh Debby dalam pertemuan yang berlangsung harmonis di kantor PLN UIW Suluttenggo.

“Kami memandang program elektrifikasi ini dapat memberikan nilai tambah bagi operasional Pelindo bahkan dapat memberikan perubahan pada sustainability bisnis kami”, ungkap Debby.

Saat ini total sudah ada 165 peralatan tersebar di 15 cabang pelabuhan Pelindo Regional 4 yang telah berhasil menggunakan listrik sebagai energi utama.

“Ditargetkan pada tahun 2025 kami dapat meng-elektrifikasi total 180 alat kami pada program ini, tentunya hal ini dapat kami wujudkan dengan dukungan penuh dari PLN UIW Suluttenggo”, ujar Debby.

Program elektrifikasi ini direncanakan akan membutuhkan daya sebesar 3,4 MW di tahap awal. Selanjutnya seluruh program elektrifikasi ini yang diharapkan dapat mereduksi biaya operasional Pelindo Regional 4 hingga 30% yang meliputi Shore Connection, Alat Bongkar Muat Hybrid, pembangunan PLTS, dan pemanfaatan inovasi PLN UIW Suluttenggo dalam hal ini Stasiun Pengisian Listrik Kapal Sandar (SPLIKS).

Leo Basuki mendukung penuh upaya elektrifikasi ini yang memang sejalan dengan gerakan nyata PLN sebagai Future Energy Provider.

“Tentunya kami memiliki suplai daya yang cukup untuk mewujudkan program Pelindo ini dan kami pastinya akan memberikan layanan listrik kelas 1 kami”, tutur Basuki.

Leo Basuki pun mengajak Pelindo Regional 4 agar tidak ragu terus bersinergi dengan PLN untuk mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon 2060.

“Kami tentunya terus terbuka dengan berbagai kebutuhan Pelindo akan kelistrikan yang harapannya dapat terus digalakan dan dikembangkan pada berbagai lini bisnis lain di masa yang akan datang”, tutup Basuki.

PLN tentunya tidak akan berhenti berinovasi, tidak hanya untuk mengembangkan PLN sebagai perusahaan energi nomor 1 di Indonesia tapi juga mendukung sinergi BUMN untuk dapat berkembang bersama. Berbagai dukungan sinergi BUMN dapat diakses langsung pada PLN Magazine di aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. (red)