Wagub Sulut: SKPD Siaga Bantu Warga Korban Banjir

Apel siaga bencana di Lobi Kantor Gubernur yang dipimpin Wagub Steven Kandouw

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memaksimalkan kemampuan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor di Manado, Jumat (27/01/2023). Untuk menjalankan misi kemanusiaan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw memimpin apel kesiapan Pemprov Sulut dalam membantu warga masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor, di lobi Kantor Gubernur Sulut, Sabtu (28/01/2023).

Wagub menjelaskan, tindakan membantu warga tersebut atas instruksi Gubernur Olly Dondokambey. Menurutnya, Pemprov Sulut dengan potensi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki banyak sumber daya yang dapat dikerahkan untuk membantu warga, seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Dinas PU, dan instansi lain .

“SKPD harus ambil bagian dalam misi kemanusiaan untuk membantu warga Manado yang terdampak banjir dan tanah longsor. Pak Gubernur menginstruksikan agar segenap jajaran Pemprov bisa membantu warga yang terdampak bencana,” kata Wagub Kandouw.

Teknisnya, kata Wagub, tim dengan jumlah personel yang agak banyak agar fokus membersihkan suatu tempat terlebih dulu, setelah selesai baru berpindah ke lokasi lain.

“Terutama pembersihan tempat ibadah seperti gereja dan masjid agar segera bisa digunakan beribadah,” ujar Wagub Kandouw yang turut didampingi Asisten 3 Fransiscus Manumpil dan Kadis Kominfo Steven Liow.

Pemprov Sulut juga menyiapkan makanan siap saji yang sudah disediakan SKPD dan langsung disalurkan di titik-titik bencana.

Wagub menambahkan, seluruh jajaran Pemprov Sulut dimintakan siaga 3×24 jam sejak Jumat (27/01/2023). “Harus siaga membantu jika diperlukan untuk memudahkan pemulihan pascabencana,” tambahnya.(red)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.