Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Kacamata Pintar Ini Dapat Membantu Orang Sedang Kencan atau Wawancara

×

Kacamata Pintar Ini Dapat Membantu Orang Sedang Kencan atau Wawancara

Sebarkan artikel ini

BAGI Anda yang bingung ketika kencan maupun saat mengikuti wawancara kerja, mungkin alat cerdas ini adalah jawabannya.

Seorang mahasiswa insinyur dari Universitas Stanford telah menciptakan kacamata pintar yang memberi tahu Anda apa yang harus dikatakan.

Dijuluki ‘RizzGPT’ – di mana ‘rizz’ mengacu pada kemampuan seseorang untuk merayu minat romantis, mirip dengan karisma – spesifikasi menampilkan tanggapan sebagai teks di depan mata Anda.

Mikrofon menangkap apa yang dikatakan pembicara, dan kacamata menggunakan ChatGPT – chatbot yang ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI) – untuk menghasilkan balasan potensial.

Mereka menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk memungkinkan pengguna melihat teks dan orang di depannya secara bersamaan.

Kacamata RizzGPT diresmikan di Twitter bulan lalu oleh mahasiswa Bryan Hau-Ping Chiang.

Dia menuliskan ucapan selamat tinggal pada kencan canggung dan wawancara kerja.

“Kami membuat rizzGPT – Karisma sebagai Layanan (CaaS) real-time yang mendengarkan percakapan Anda dan memberi tahu Anda apa yang harus dikatakan selanjutnya,” katanya seperti dilansir di dailymail.com, Minggu (30/4/2023).

“Dibangun menggunakan kacamata GPT-4, Whisper dan Monocle AR.”

GPT-4 adalah versi terbaru dari model bahasa besar ChatGPT, dan bahkan lebih kuat dari aslinya, sedangkan Whisper adalah alat pengenalan suara.

Monocle AR adalah teknologi yang dikembangkan oleh Brilliant Labs, yang juga membuat dan menyumbangkan tampilan mirip kacamata berlensa yang dipasang pada salah satu lensa.

Monocle ini berisi kamera dan mikrofon, dan menampilkan teks di atas apa yang dapat dilihat oleh pemakainya secara real time.

Mikrofon mendeteksi audio dan mengirimkannya ke telepon yang terhubung melalui Bluetooth, yang kemudian menggunakan Whisper untuk mengubahnya menjadi teks.

Teks ini diumpankan ke GPT-4 yang menghasilkan respons, dan dikirim kembali ke lensa RizzGPT untuk ditampilkan dalam AR.

“Semua ini terjadi saat pengguna masih terlihat terlibat + penuh perhatian dalam percakapan! Tidak ada pengalihan konteks,” cuit Tuan Chiang.

Para pengembang mengatakan kacamata mampu mengenali ketika sebuah pertanyaan diajukan dan menghasilkan jawaban potensial dalam hitungan detik.

Mereka mengingatkan pada ‘Google Glass’, layar yang dipasang di kepala yang dapat menampilkan informasi bersamaan dengan apa yang dilihat pemakainya.

Ini sekarang telah dihentikan dan umumnya dianggap sebagai kegagalan dari raksasa teknologi.

Dalam video demo yang diposting ke Twitter, instruktur Stanford Alix Cui berbicara kepada siswa Varun Shenoy, yang mengenakan kacamata RizzGPT.

Tuan Cui berkata, “Hai Varun, saya dengar Anda sedang mencari pekerjaan untuk mengajar React Native.”

Setelah beberapa detik, sebuah tanggapan dihasilkan, dan Tuan Shenoy membacanya dengan lantang.

“Terima kasih atas minat Anda. Saya telah mempelajari React Native selama beberapa bulan terakhir dan saya yakin bahwa saya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.”

Selain kencan pertama yang menegangkan, para siswa berharap perangkat mereka dapat membantu mereka yang memiliki kecemasan sosial dan kesulitan berbicara di depan umum.

Mr Chiang tweeted, “Kami membayangkan era baru komputasi ambient diaktifkan oleh AR + AI, di mana setiap orang memiliki asisten pribadi mereka sendiri tersedia 24/7. itu seperti membuat Tuhan mengamati hidup Anda dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.”

Sejak itu dia telah memperbarui spesifikasi dengan LifeOS, sebuah sistem yang mengenali wajah dan kemudian menampilkan informasi yang relevan di sebelahnya berdasarkan teks yang telah Anda kirim satu sama lain.

“Interaksi AI dan AR akan mendefinisikan kembali komputasi personal dan membantu kami membuka potensi penuh kami,” cuitnya. (red)