Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Lemhanas Beri Kuliah Umum di Unsrat

×

Gubernur Lemhanas Beri Kuliah Umum di Unsrat

Sebarkan artikel ini

MANADO – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Andi Widjajanto SSos MSc PhD, hadir memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (6/6/2023). Andi Widjajanto tampil dengan materi tentang “Kompetisi Hegemoni, Pancasila dan Indonesia”,
Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU, berterima kasih setinggi-tingginya atas kunjungan Gubernur Lemhanas. “(Kehadiran Gubernur Lemhanas) ini merupakan suatu kehormatan bagi civitas Unsrat Manado,” kata Prof Berty.
Rektor Unsrat mengatakan bahwa dirinya menganggap kuliah umum ini sebagai bentuk konkret kontribusi yang sangat berharga dari Gubernur Lemhanas kepada Unsrat.
“Ini merupakan kontribusi konkret dalam memperkaya wawasan kebangsaan kita, seperti Filosofi Dr Sam Ratulangi, “Si Tou Timou Tumou Tou” juga menjadi salah pokok penting kontribusi terhadap wawasan kebangsaan,” ungkapnya.
Di sisi lain, kuliah umum Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, dengan topik “Kompetisi Hegemoni, Pancasila dan Indonesia”, menekankan lanskap geopolitik indonesia menghadapi kekuatan bertahan Amerika Serikat di utara dan kekuatan ekspansif Cina di selatan.
Menurutnya, Indonesia harus memiliki kemampuan sendiri, yaitu tidak berpihak ke utara maupun ke selatan.
“Menghadapi berbagai tantangan global Indonesia mengembangkan Geopolitik berbasis Pancasila. Indonesia bukan negara agama, bukan negara ateis, dan juga bukan negara sekuler,” tukas putra Mayjen TNI (Purn) Theo Syafeii itu.
Kata dia, masa depan Indonesia menjadi negara maju dan besar, antara lain ditentukan bagaimana membangun kualitas demokrasi yang menjamin hak asasi manusia dan toleransi beragama.
“Dengan kata lain harus memperkokoh serta mengimplementasi Pancasila sebagai Dasar Negara,” ujarnya.(red)