Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Water Sport Competition Kasal Cup Warnai HUT ke-59 Provinsi Sulut

×

Water Sport Competition Kasal Cup Warnai HUT ke-59 Provinsi Sulut

Sebarkan artikel ini

Opening Ceremony Water Sport Competition Kasal Cup tahun 2023 berlangsung meriah di Pohon Kasih Kawasan Megamas Manado, Jumat (22/9/2023). Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado itu, pembukaannya dihadiri langsung Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, serta Sekprov Sulut Steve Kepel juga turut menghadiri sekaligus menyaksikan berbagai pertandingan.

Kegiatan tersebut menyita perhatian masyarakat Sulut yang berada di Kawasan Megamas. Masyarakat disuguhkan berbagai demonstrasi dan pertunjukan diantaranya Kolone Senapan dari para prajurit TNI AL yang merupakan gerakan baris berbaris dikombinasikan dengan gerakan senjata untuk mendemonstrasikan keterampilan dalam olah gerak yang menunjukkan kombinasi kekompakan, dan keindahan antara baris berbaris dan memainkan senjata.

Selain itu masyarakat Manado juga disuguhkan Demonstrasi Flying Acrobatic serta atraksi Terjun Payung dari para prajurit TNI AL. Tidak ketinggalan penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL).

Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang berkunjung ke Sulut untuk mensuport agenda ini.

“Tentunya kita bersyukur atas tuntunan yang maha kuasa sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik. Terima kasih juga kepada Wakasal yang hadir langsung dalam kegiatan ini,” ungkap Gubernur.

Kata Gubernur Olly, Pemprov Sulut memberikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI-AL yang selalu mensuport Pemerintah Provinsi Sulut, karena setiap HUT selalu terlibat TNI-AL.

“Kita berkumpul di kawasan Megamas untuk merayakan semangat persatuan keberagaman dan keharmonisan kita masyarakat Sulut lewat Kasal Cup water sport competition,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, perayaan HUT ke-59 Provinsi Sulut tahun ini lebih meriah, karena tahun sebelumnya ada Covid-19, sehingga tidak ada kegiatan.

“Tahun ini banyak kegiatan yang dilaksanakan dan mendapatkan support penuh dari TNI-AL,” ungkap Olly. “Kasal Cup Water Sport Competition ini menjadi ajang yang sangat tepat untuk menunjukkan potensi keindahan alam dan pesona budaya yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara”, ungkap Gubernur.

Sementara itu, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan, ini merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih TNI-AL kepada Pemprov Sulut.

“Kegiatan ini juga dalam memeriahkan HUT Provinsi, HUT ke-78 Angkatan Laut, dan HUT TNI,” ungkapnya.

Menurut dia, Provinsi Sulut ini sangat indah. Banyak perubahan yang terjadi dan destinasi wisatanya sangat bagus.

“Harapannya Provinsi Sulut selalu aman dan damai, bersatu padu dan cinta NKRI,” ujar mantan Danlantamal VIII Manado ini.

Sekadar referensi, dalam pertandingan ini ada lebih dari 150 perahu bertanding dalam perlombaan layar. Peserta terdiri dari Porlasi Sulut, para nelayan masyarakat Sulawesi Utara, dan eksibishi dari kapal-kapal yacht. Dalam lomba ini para pelaut dituntut kemahiran dalam bernavigasi dan mengolah layar dalam keterampilan mendapatkan angin untuk melajukan kapalnya dengan cepat.

Selain menggelar lomba perahu layar, sejumlah olahraga perairan dan perlombaan lainnya juga dilombakan dalam kesempatan ini yaitu, Finswimming di Teluk Manado, Stand Up Paddle, Tarik Tambang Perahu, Balap Perahu Karet, Fun Fishing, Jet Ski, Triathlon, Drumband, hingga Festival Band dan lomba memasak, hingga lomba yang sangat diminati anak muda saat ini yaitu E-Sport.(adv/dkips)