Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Dampingi Megawati Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan

×

Gubernur Olly Dampingi Megawati Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan

Sebarkan artikel ini

VATIKAN – Gubernur Sulut Olly Dondokambey mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, Senin (18/12/2023). Pada pertemuan penting tersebut, sempat dibahas tentang bagaimana menjaga kerukunan dan perdamaian yang menjadi perhatian dunia.

Selain soal kerukunan antarumat beragama, Paus dan Megawati juga membicarakan tentang ancaman perubahan iklim yang membahayakan alam dan manusia.

“Saat bertemu dengan rombongan, Paus Fransiskus meminta saya, bahwa apa yang terjadi di Indonesia dalam kehidupan kerukunan beragama agar diteruskan,” kata Megawati usai melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus yang dipusatkan di komplek Istana Apostolik.

“Pada pertemuan itu, Paus Fransiskus menyampaikan pesan agar sebagai sesama manusia, kita harus sama-sama menjaga perdamaian. Selanjutnya, tentang toleransi beragama, juga agar tetap dijaga. Karena akan menentukan kelangsungan kehidupan di masa mendatang,” tutur Gubernur Olly.

Puan Maharani yang turut juga melakukan pertemuan itu, menyampaikan bangsa Indonesia sangat menaruh perhatian serius dalam menjaga perdamaian dunia. Puan menyebut Megawati turut menyampaikan bagaimana climate change atau perubahan iklim sangat memengaruhi dunia terkait apa yang terjadi dengan situasi hari ini.

Gubernur Olly mengatakan sangat bersyukur berkesempatan bertemu langsung Bapa Suci.

“Saya pribadi, keluarga, dan sebagai kepala daerah Sulawesi Utara,  sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus, karena di suasana menyambut perayaan Natal, bisa bertemu langsung  Bapa Suci Paus Fransiskus,” kata Olly.

“Dalam kesempatan ini, saya sekaligus bermohon kiranya Bapa Suci dalam doanya, ikut mendoakan berkat bagi bangsa Indonesia dan lebih khusus lagi berkat bagi Sulawesi Utara,” sambung Gubernur Olly.

Menurut Gubernur Olly, Paus Fransiskus atau dalam bahasa Latin digelari Pontifex Maximus atau yang berarti pemimpin tertinggi, memiliki kepedulian terhadap isu-isu sosial.

“Paus Fransiskus yang ramah dan vokal terhadap isu-isu sosial, adalah satu-satunya Paus dari Amerika Latin atau pertama dari luar Eropa ini, dikenal sebagai Paus yang merakyat,” ungkap Olly.

Lanjut, katanya, Gereja Katolik Roma adalah salah satu gereja dengan jumlah umat terbesar, yang lebih dari satu miliar umat di seluruh dunia. Dan Paus Fransiskus adalah pemimpin spiritual Gereja Katolik Roma dengan markas besar kepausannya di Kota Vatikan, yakni sebuah enklave kecil di Roma, Italy.

Seperti yang disampaikan, pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Megawati bersama rombongan berlangsung hangat. Paus Fransiskus menerima Megawati dan rombongan dengan ramah.

Turut hadir, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono; Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani; Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, Yasonna Laoly; dan penerjemah Romo Markus Solo Kewuta SVD.(red)