Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Yayasan PINGKAN-Pemprov-Menkominfo Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual

×

Yayasan PINGKAN-Pemprov-Menkominfo Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual

Sebarkan artikel ini

MANADO — Dalam upaya pengusulan ansambel musik kolintang kayu Minahasa sebagai Nominator Warisan Budaya Takbenda UNESCO, maka Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia bekerja sama dengan Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Kebudayaan Daerah dan Kemkominfo akan menggelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual, 10 hingga 29 Agustus 2020 dengan memperebutkan piala Menkominfo dengan total hadiah sebesar Rp50 juta.

Adapun kategori yang dilombakan terdiri atas kolintang original dan kolintang kreativitas milenial dengan karya cipta dan penyanyi terbaik.

“Kegiatan ini juga digelar sebagai bagian kepedulian dari pemerintah pekerja sama dengan komunitas seni untuk turut membantu dan memberdayakan para seniman dan pelaku seni di tengah pandemi COVID-19,” kata Kadis Kebudayaan Sulut Jendry Sualang.

Untuk itu, Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mengajak para Bupati dan Walikota se Sulut agar dapat mengimbau pimpinan gereja dan para seniman atau pelaku seni di daerah masing-masing untuk mengikuti kegiatan ini.

“Karena selain membawa manfaat secara ekonomi kegiatan ini menjadi sarana atau media bagi seni pertunjukan agar tetap dinikmati masyarakat secara luas dan berdampak positif bagi para seniman dan komunitas seni yang ada di Sulut,” kata Sualang.

Adapun tim penilai terdiri atas Dirjen Aptika Kominfo, Dirjen Kebudayaan Kemdikbud dan PINKAN Indonesia. Lomba ini sebagai rangkaian menyukseskan perayaan HUT ke-75 RI dirangkaikan dengan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara.(red)

JADWAL LOMBA

– Pengiriman video ke panitia paling lambat 10 Agustus 2020

– Panitia upload ke YouTube PINKAN Indonesia paling lambat 10-11 Agustus 2020 .

– Voting Like Video peserta 11-18 Agustus 2020

– Pengumuman 5 Finalis masing-masing kategori 19 Agustus 2020.

– Perekaman video dan audio dari Tim Kominfo 20-27 Agustus 2020.

– Grand Final 29 Agustus 2020.