Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Siapkan Dana 20 M, Pemkab Bolmong Kerjasama dengan BSG Kembangkan Pertanian

×

Siapkan Dana 20 M, Pemkab Bolmong Kerjasama dengan BSG Kembangkan Pertanian

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Para petani di Kabupaten Bolmong, tidak perlu khawatirkan modal pertanian untuk membudidayakan padi dan jagung. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong telah menandatangani program kerjasama Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Bank Sulut Gorontalo (BSG).

Kerjasama ini ditandatangani langsung Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Dirut Bank SulutGo Revino Pepah, di Manado, Selasa (19/4). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Kepala Dinas Pertanian Sulut Novly Wowiling, Kepala Perwakilan OJK Sulut Darwisman, Kepala Cabang BSG Lolak David Yunus, Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Ratu dan para penerima kredit.

Menurut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, bantuan dana KUR dari pihak BSG tersebut bernilai Rp20 Miliar. Ini dilakukan sebagai bagian dari program percepatan pemulihan ekonomi rakyat. “Karena mayoritas penduduk masyarakat khususnya di pedesaan melakukan aktivitas pada sektor pertanian. Kami berharap ini mampu membantu masyarakat Kabupaten Bolmong dalam meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Dirinya mengajak semua masyarakat yang berprofesi sebagai petani untuk memanfaatkan bantuan KUR ini, dalam meningkatkan kualitas hidup dan pendapatan. Karena menurut Bupati, pertanian di Kabupaten Bolmong masih menjadi sektor unggulan. Potensi tersebut terus dimanfaatkan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan bagi para petani serta para pelaku UMKM. Salah satunya dengan menggandeng BSG dalam bidang Kredit Usaha Rakyat (KUR) lewat program “Bohusami Bakobong”.

“Program Bohusami Bakobong dinilai akan membantu para petani untuk lebih merasakan kesejahteraan karena kurangnya permodalan serta pengetahuan. Belum lagi diperhadapkan dengan adanya munculnya tengkulak yang membeli hasil panen dengan harga rendah,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan diluncurkannya pembiayaan KUR dengan program Bohusami Bakobong, dengan skema pembiayaan aman, murah dan cepat, akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. “Dengan diluncurkannya Bohusami Bakobong, saya yakin akan memberikan dampak positif bagi petani,” katanya.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow berterima kasih atas terobosan BSG dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, serta pelaku UMKM. “Saya juga memberikan apresiasi kepada OJK SulutGo Malut, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas perhatian penuh kepada Kabupaten Bolmong terutama terkait dengan pembiayaan untuk membantu permodalan petani,” kuncinya. (jly)