Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Parade Kendaraan Listrik, Dirut PLN: Bukti Komitmen Kami Dalam Transisi Energi

×

Parade Kendaraan Listrik, Dirut PLN: Bukti Komitmen Kami Dalam Transisi Energi

Sebarkan artikel ini

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN menggelar parade kendaraan listrik di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (1/9).

Parade kendaraan listrik ini guna memeriahkan rangkaian acara energy transition working group ke 3 yang sekaligus pertemuan Menteri Energi negara anggota G20.

PLNParade ini diikuti 77 motor listrik, dengan 20 diantaranya adalah motor konversi dari bahan bakar minyak ke listrik yang dilakukan oleh PLN.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, parade kendaraan listrik ini sebagai pembuktian kepada dunia bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen dalam transisi energi dengan memasifkan kendaraan listrik. Upaya memasifkan kendaraan listrik ini dilakukan melalui aksi nyata pemerintah dan PLN melalui konversi motor BBM ke motor listrik.

“Melalui parade ini kami hendak menunjukan kepada dunia komitmen kami dalam transisi energi. Bahwa saat ini eranya kendaraan listrik, yang lebih ramah lingkungan dan juga murah,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan program konversi ini membongkar dan mengganti komponen mesin bakar motor dengan motor listrik type mid drive controler dan baterai serta kabel-kabel dan perbaikan rangka-rangka serta lampu.

Darmawan menambahkan PLN sebagai garda terdepan dalam proses transisi ini berkomitmen terus mendukung dengan melakukan pengembangan infrastruktur secara masif.

Di antaranya perluasan jaringan dan jangkauan pengisian daya kendaraan listrik termasuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di berbagai wilayah Indonesia.

“Saat ini kami sudah mengoperasikan 143 unit SPKLU di seluruh Indonesia. Khususnya di Bali, kami juga sudah menyiapkan SPKLU ultra fast charging untuk mendukung perhelatan KTT G20 yang mana para delegasi akan memakai kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

PLN juga menyajikan berbagai infrastruktur pendukung kendaraan listrik, seperti SPKLU cloud home charging ultra fast dan fast charging sebagai bukti bahwa Indonesia siap beralih dari kendaraan berbasis BBM menjadi kendaraan berbasis listrik.