Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Rektor Berty Sompie Irup Peringatan HUT ke-78 RI di Unsrat

×

Rektor Berty Sompie Irup Peringatan HUT ke-78 RI di Unsrat

Sebarkan artikel ini

MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/08/2023) pagi. Rektor Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU ASEAN Eng bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya Rektor menekankan tentang pentingnya gotong royong dan bergerak serentak untuk mewujudkan Merdeka Belajar. Hal ini merupakan bagian dari sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Di awal sambutan, Rektor Prof Berty Sompie menyampaikan ajakan menteri untuk memaknai perjuangan para pendahulu.

“Sebab dari mereka kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang diraih dengan perjuangan,” ujar Prof Berty Sompie.

Kemerdekaan, kata dia, bukan hadiah bangsa asing, melainkan lewat pengorbanan jiwa dan raga.

Sementara perjuangan dunia pendidikan saat ini adalah berkaitan dengan program Merdeka Belajar.

Sebab lewat Kurikulum Merdeka, kata dia, para peserta didik dan para pendidik bisa merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar.

Namun Rektor mengingatkan akan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia.

“Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia,” kata dia.

“Untuk itu mari kita lanjutkan semangat para pendahulu agar senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Rektor I, Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc, Wakil Rektor II, Dr Ronny Maramis SH MH, dan jajaran lainnya.(red)