Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
Minahasa

Pemkab Minahasa Gencar Gelar Operasi Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri

1347
×

Pemkab Minahasa Gencar Gelar Operasi Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri

Sebarkan artikel ini
Minahasa, Jemmy Stani Kumendong, Idul Fitri
Operasi Pasar dan Pangan Murah yang dilaksanakan Pemkab Minahasa jelang Idul Fitri

MINAHASA- Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1445 H, serta menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, Pemerintah Kabupaten Minahasa terus menggelar gerakan pangan murah dan operasi pasar murah yang dilaksanakan Dinas Pangan dan Bagian Ekonomi, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan bertempat di dua lokasi yaitu Kampung Jawa Kecamatan Tondano Utara dengan menggelar operasi pangan murah dan untuk Kecamatan Tombariri dilakukan kegiatan operasi pasar murah.

Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, melalui Kadis Pangan Teddy Sumual mengatakan, Sampai saat ini stabilisasi harga beras melalui kegiatan operasi pasar murah dan gerakan pangan murah di Kabupaten Minahasa dengan harga beras premium dari Rp17.500/Kg menjadi Rp16.250/Kg, harga beras medium Rp16.250/Kg menjadi Rp15.000/Kg.

Bawang putih dengan harga Rp40.000/Kg, bawang merah Rp40.000/Kg, minyak klapa Rp14.000/Kg, beras 5 Kg dengan harga Rp54.500/Zak, di samping itu juga ada cabai, sayur dan rempah rempah lainnya yang disediakan dalam kegiatan pangan murah.

”Untuk operasi pasar murah yang dilaksanakan di Kecamatan Tombariri, Pemkab Minahasa bekerja sama dengan Bulog Sulutgo menjual beras dengan harga yang sama yaitu Rp54.500/Zak dengan berat satuan 5 Kg,” kata Kadis Pangan.

Adapun langkah- langkah yang sudah diambil Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui TPID yaitu tetap konsisten melakukan sidak pasar, Operasi Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah, serta terus melakukan koordinasi daerah penghasil komoditas, dan melakukan pemantauan harga pangan.

Program ini merupakan implementasi dari tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam rangka mengendalikan inflasi juga sebagai bentuk kepedulian Pemkab Minahasa kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa terlebih khusus bagi umat Muslim yang saat ini sementara menjalankan Ibadah Puasa dan akan menghadapi Idul Fitri 1445 H, yang tinggal beberapa hari lagi. (ric)