Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bupati Minahasa Ikut Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Kemendagri

×

Bupati Minahasa Ikut Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Kemendagri

Sebarkan artikel ini
Minahasa, Jemmy Stani Kumendong, Tito Karnavian
Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi

MINAHASA-Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi Senin (25/3/2024) mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD, melalui Irjen Kemendagri Komjen Pol Drs Tomsi Tohir Balaw MSi. Bupati MInahasa sendiri mengikuti rapaat koordinasi dari Ruangan Minahasa Command Center Kantor Bupati Minahasa.

Rapat Koordinasi membahas secara khusus berkaitan dengan upaya pengendalian inflasi di daerah tahun 2024, yang dihadiri diikuti para Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Adapun poin penting yang dibahas, yakni harga pangan Minggu III Maret 2024 yang disampaikan Irjen Kemendagri Drs Tomsi Tohir yaitu:

1. Beras SPHP tersedia baik di pasar tradisional maupun ritel modern, namun pasokan perlu diperbanyak dan kontinyu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

2. Trend Harga Beras Medium cenderung sudah mulai mengalami penurunan seiring dengan sudah masuknya musim panen di lokasi sentra produksi

3. Ditemukan Beras Premium di ritel modern dengan harga penjualan di atas Relaksasi HET. Ritel menuturkan harga perolehan beras dari supplier sudah tinggi sehingga terpaksa menjual di atas HET. Terkait hal ini, Tim sudah memberikan teguran untuk menyesuaikan harga

4. a. Komoditas yang mengalami kenaikan harga pada masa YBKN: Bawang Putih, Telur Ayam Ras, Daging Ayam Ras, Gula Konsumsi

b. Komoditas yang mengalami penurunan harga pada masa HBKN: Beras, CRM, CMK, Bawang Merah

(Harga komoditas pangan tertentu seperti Daging Sapi, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras diprediksi akan mengalami kenaikan permintaan dan mempengaruhi harga pada pertengahan bulan Ramadhan dan mencapai puncak menjelang Idul Fitri)

5. Beberapa daerah sentra produksi di wilayah Pantura Jawa Tengah terdampak bencana banjir sehingga sejumlah daerah mengalami gagal panen. Banjir juga menyebabkan gangguan distribusi pangan di Jawa Tengah.

Mendampingi Bupati Minahasa, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis Kominfo, Kadis Pangan, Kadis Perhubungan, Kadis Perdagangan, Kadis Sosial, Kabag Perekonomian.(ric)