Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wagub Sulut: ASN Harus Adaptif Dengan Era Digital

×

Wagub Sulut: ASN Harus Adaptif Dengan Era Digital

Sebarkan artikel ini

MANADO—“Sikap mengutamakan kejujuran dan kepercayaan menjadi modal utama bagi setiap abdi negara ataua ASN dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di tengah masyarakat.”

Demikian disampaikan Wagub Kandouw saat membuka secara resmi Pelatihan Dasar (Latsar)  bagi 472 CPNS Golongan III Pemprov Sulut Tahun 2021, di Lapangan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulut, Minahasa Utara, Jumat (20/08/2021) pagi.

“ASN itu harus akuntabel. Harus jujur. Biasakan prinsip akuntabel yang bisa dipercaya dan kompeten,” kata Wagub.

Selain itu, Wagub Kandouw juga mengajak peserta Latsar agar selalu bersyukur kepada Tuhan, karena dapat menjadi CPNS dan mengikuti Latsar sebagai salah satu tahapan yang harus dijalani sebelum menjadi PNS.

“Syukur kepada Tuhan karena ini semua berkat dan nikmat dari Tuhan. Kita berencana, tapi Tuhan yang menentukan. Banyak orang ingin jadi seperti kalian, tapi Tuhan yang menentukan,” ujar Wagub Kandouw.

“Selain disyukuri sekarang harus jadi tanggap langkah awal. Satu langkah dari puluhan ribu langkah yang kalian harus jalani,” sambungnya.

Wagub Kandouw pun meminta seluruh peserta Latsar mampu beradaptasi dalam perkembangan teknologi di era digital.

“Kemampuan PNS harus ditingkatkan mengikuti perkembangan zaman dan mampu beradaptasi dalam segala aspek. Harus loyal dan bekerja harus dengan hati. Biasakan bekerja tim. Ini akan menjadi tonggak awal dari birokrasi saudara-saudara ke depan, dan harus optimis,” tutup Wagub.

Kepala BPSDM Sulut Marhaen Royke Tumiwa Latsar bagi CPNS sangat penting untuk pembentukan karakter birokrasi sebagai pelayan publik. Apalagi Presiden Jokowi telah mewajibkan ASN harus BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“ASN harus memiliki kemampuan kompetitif, dan jangan hanya mau berada di zona nyaman saja. Apalagi sekarang sudah zaman digital, birokrasi pun mau tidak mau harus menyesuaikan,” ujar Tumiwa.

Pembukaan Latsar CPNS Pemprov Sulut ini turut dihadiri Asisten III AG Kawatu, Kepala BKD Femmy Suluh, dan Staf Khusus Guburnur bidang Pengembangan SDM Roosye Kalangi.(hdr/red)